PURWAKARTA - Mal Pelayanan Publik (MPP) Bale Madukara, yang telah melayani masyarakat Purwakarta selama lebih dari empat tahun, kini hadir dengan layanan yang lebih luas. Berlokasi strategis di Jalan Jenderal Sudirman, Pasar Jumat, MPP ini tak hanya menjadi pusat layanan terintegrasi, tetapi juga simbol komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta dalam memberikan pelayanan prima kepada warganya dan investor.Setelah sebelumnya beroperasi hanya pada hari kerja, MPP Madukara kini resmi membuka layanan pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu, pukul 08.00-12.00 WIB. Peluncuran Pelayanan Akhir Pekan MPP Bale Madukara ini dilakukan langsung oleh Bupati Purwakarta, Saepul Bahri Binzein, pada Sabtu, 12 April 2025. Sebanyak 38 tenant tersedia, dengan 17 tenant yang siap melayani masyarakat pada hari Sabtu dan Minggu.Adapun 17 tenant yang akan berjalan diantaranya adalah Layanan SAMSAT, BJB, BPJS Kesehatan BPJS Ketenagakerjaan, ATR/BPN, Pegadaian, Pos Indonesia, Bapenda, SIMBG, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan P3A, Disdukcapil, Diskominfo, Disnakertrans (Pelayanan Kartu Kuning), Perumda Gapura Tirta Rahayu (PDAM) dan DPMPTSP, ada 2 tenant yaitu klinik penanaman modal (investasi) dan klinik perijinan.Bupati yang kerap disapa Om Zein itu menjelaskan alasan di balik perluasan layanan ini. Dilatarbelakangi dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat Purwakarta terkait pelayanan publik serta berdasarkan arahan dari Gubernur Jawa Barat dalam upaya memaksimalkan kebutuhan pelayanan publik bagi masyarakat di Purwakarta."Besarnya antusiasme masyarakat, menjadi salah satu alasan kita membuka layanan MPP Madukara pada akhir pekan. Hal ini juga guna mengakomodir masyarakat yang belum menerima layanan dihari Senin hingga Jumat," kata Om Zein.Menurutnya MPP Madukara tidak hanya berfokus pada kantor pusat. Memahami kebutuhan masyarakat di berbagai wilayah, Pemda Purwakarta telah mendirikan lima Teras Madukara, yaitu di Kecamatan Campaka, Wanayasa, Plered, Jatiluhur, dan Maniis. Teras Madukara ini semakin mempermudah akses masyarakat terhadap layanan publik, khususnya di daerah yang lebih terpencil.Om Zein juga menekankan transformasi digital yang telah dijalankan MPP Bale Madukara selama ini. "Komitmen Pemda Purwakarta untuk memberikan pelayanan yang prima, cepat, dan transparan tercermin dalam transformasi MPP Madukara. Mulai dari pelayanan konvensional, MPP ini telah beralih ke sistem digital, menjadikannya salah satu MPP digital tercatat di Indonesia," jelasnya.Dengan dibukanya layanan akhir pekan dan keberadaan Teras Madukara di sejumlah kecamatan, Pemda Purwakarta membuktikan komitmennya dalam mendekatkan layanan publik kepada masyarakat, terutama di daerah-daerah yang sulit dijangkau. Inisiatif ini merupakan langkah nyata dalam menghadirkan pelayanan publik yang modern, efisien, dan mudah diakses oleh seluruh warga Purwakarta.Pelayanan Prima di Akhir PekanSementara, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Purwakarta, Hariman Budi Anggoro, dalam sambutannya menyatakan bahwa pelayanan publik merupakan representasi nyata kehadiran pemerintah dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. "Keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas menjadi indikator utama keberhasilan pemerintah dalam menjalankan tugasnya," kata Hariman.Menurutnya, landasan hukum penyelenggaraan pelayanan publik di MPP Bale Madukara mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2002, Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012, dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 9 Tahun 2021.MPP Bale Madukara, yang telah beroperasi selama lebih dari empat tahun, saat ini memiliki 38 tenant dan melayani rata-rata 600 pengunjung setiap harinya. Hal ini menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap peningkatan pelayanan, MPP Bale Madukara kini juga beroperasi pada akhir pekan, sesuai instruksi Bupati Purwakarta.Lanjut Hariman, keberhasilan MPP Bale Madukara dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas telah dibuktikan dengan diraihnya sejumlah penghargaan bergengsi. "MPP Bale Madukara mendapatkan penilaian tertinggi dari Ombudsman RI pada tahun 2022 dengan skor 95,76," ujarnya.Selain itu, MPP Bale Madukara juga menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Penghargaan ini menempatkan MPP Bale Madukara sebagai salah satu MPP terbaik di Indonesia, sejajar dengan MPP Bima, di antara 270 MPP yang ada di seluruh Indonesia. "Prestasi ini merupakan bukti nyata komitmen dan dedikasi seluruh pihak yang terlibat dalam pengelolaan MPP Bale Madukara dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Purwakarta," demikian Hariman Budi Anggoro. (Diskominfo Purwakarta)