HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) dan PT Huawei Tech Investment menjalin kerja sama untuk mengembangkan talenta digital melalui Huawei ICT Academy. Kegiatan yang diselenggarakan di Auditorium USU pada Rabu, (28/09/2022) juga menghadirkan talkshow dengan tema “Building Digital Ecosystem to Develop Digital Talent Ready for Society 5.0"


PT Huawei Tech Investment berkomitmen penuh dalam mendukung perkembangan ekonomi, transformasi digital dan bangsa termasuk visi emas 2045. Hal itu sesuai dengan visi PT Huawei Tech Investment, Bring Digital to Every Person, Home and Organization for a Fully Connected, Intelligent World.


Rektor Universitas Sumatera Utara, Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk dapat mempercepat proses manual ke digital maka mahasiswa haruslah juga ikut terlibat dalam proses transformasi serta transfer teknologi dari perusahaan atau pelaku industri. 


"Melihat data hingga saat ini, talenta digital masihlah kurang. Kita berharap digitalisasi kampus akan cepat tercapai jika mempercepat proses transfer digitalisasi dalam pembelajaran dan menghasilkan talenta digital yang dibutuhkan industri dan didukung dengan adanya pelatihan yang nantinya para dosen dan mahasiswa akan mendapatkan sertifikasi. Mempercepat proses manual ke digital maka proses transformasi atau transfer teknologi dari perusahaan atau pelaku industri salah satu yang menjadi sasaran itu ya mahasiswa,” ujar Rektor USU.


Direktur Human Resource Huawei Indonesia Dani K. Ristandi mengatakan, kerja sama ini akan ditindaklanjuti seperti akan adanya perekrutan magang untuk mahasiswa. PT Huawei Tech Investment memiliki peran penting dalam mencetak dan mengembangkan talenta digital. Maka dari itu kolaborasi yang dilakukan dengan para institusi pendidikan diharapkan berlangsung dengan lancar.


“kita bersama-sama nih punya PR ya untuk berkolaborasi mencetak atau mengembangkan talenta digital yang memang gapnya masih cukup tinggi,” ujar Direktur Human Resource Huawei Indonesia.


Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Dr. Maya Silvi Lydia B.Sc., M.Sc turut mengapresiasi kolaborasi ini sebab sesuai dengan target Universitas untuk bekerjasama dengan industri. 


Nantinya selain dapat mengirimkan mahasiswa dalam program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) juga dapat mengikuti program magang khusus ke Huawei agar menciptakan talenta-talenta digital berkualitas.


“Kita sudah bekerja sama dengan Huawei seterusnya kita mungkin selain mengirimkan mahasiswa untuk magang MSIB atau magang khusus ya ke Huawei kita juga akan ikut atau mengadakan ICT Academy untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dan maupun dosen untuk bisa meningkatkan upgrade skill mereka dan pengetahuan mereka dengan sertifikasi dan lain sebagainya. Dan itu penting sebenarnya untuk menciptakan talenta-talenta digital,” ujar Dekan Fasilkom.

Selengkapnya

Berita Terbaru

TERPOPULER MINGGU INI

Hadiri Forum Konsultasi Publik Data Kependudukan, Bupati Nelson : Ini Sangat Penting

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menghadiri Forum Konsultasi Publik Review Standar Pelayanan Administrasi Kependudukan. Kegiatan yang berlangsung di RM Orasawa Limboto ini di integrasikan

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata