HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) bersama PTP Nusantara Holding, PPKS, PT. Socfindo, BKS-PPS, dan MUSPERIN akan membangun Medical Plant Conservation. Kegiatan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama atau Ground Breaking Medical Plant Conservation yang dilakukan di Jalan Tri Dharma USU pada Minggu, (09/10/2022). 


Pembangunan konservasi ini merupakan bentuk komitmen USU untuk memperkenalkan masyarakat dunia bahwa Indonesia terkhsus Sumatera Utara memiliki banyak tanaman berkhasiat obat. 


Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengobatan tradisional dalam hal ini menggunakan tanaman herbal merupakan salah satu bentuk kekuatan masyarakat Timur. 


“Pengobatan tradisional berbasis herbal atau yang berasal dari tumbuh-tumbuhan merupakan salah satu kekuatan masyarakat Timur yang sudah ada sejak dulu dan mengakar dalam kehidupan serta diakui oleh masyarakat dunia,” ucap Muryanto Amin.


Indonesia memiliki banyak jenis tumbuhan herbal yang kebanyakan belum dilakukan penelitian maksimal terhadap tanaman-tanaman tersebut sehingga belum terdapat gebrakan pada inovasi kedokteran yang disangga dengan tanaman herbal. 


Merujuk pada kasus tersebut, rektor mengatakan bahwa USU sebagai institusi yang mendukung penuh pelaksanaan Tri Dharma hadir menjadi solusi untuk fenomena tersebut salah satunya dengan membangun konservasi tanaman herbal. 


“Universitas Sumatera Utara sebagai institusi pendidikan yang mendukung penuh pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dan keinginan untuk menjadi solusi atas berbagai persoalan yang ada di tengah masyarakat, berencana untuk membuat Medicial Plant Conservation,” katanya.


Rektor berharap Medical Plant Conservation dapat menjadi kebun percobaan yang berguna untuk pengembangan/perluasan tanaman obat, sekaligus laboratorium bagi fakultas-fakultas terkait dalam melakukan riset dan melahirkan inovasi-inovasi penting di bidang kedokteran dan farmasi. 


Kepala Pusat Penelitian Kelapa Sawit (KPPS) Dr. H.M. Edwin S. Lubis kegiatan pembangunan akan lebih dimaksimalkan sehingga pembangunan diusahakan rampung sebelum 6 bulan. 


“Kita upayakan sebelum 6 bulan, artinya mulai besok kegiatan akan mungkin lebih dimaksimalkan lagi agar harapan-harapan Pak Rektor tadi Medical Plant Conservation akan selesai secepatnya,” jelas Ketua PPKS. 


Nantinya di Medical Plant Conservation mahasiswa akan diperkenalkan kembali bagaimana kearifan lokal masyarakat terdahulu menyembuhkan penyakit memakai tanaman herbal. 


“Tentunya seperti yang dikatakan Pak Rektor tadi para millenial para mahasiswa akan mengenal kembali bagaimama kearifan lokal daripada orang-orang terdahulu memakai tanaman herbal,” ucap Edwin. 


Kepala KPPS berharap pembangunan Medical Plant Conservation mendapat doa dan dukungan karena konservasi tumbuhan herbal ini sangat penting terlebih dibangun di USU sehingga mahasiswa tidak hanya belajar tetapi juga mengenal lingkungannya.

Selengkapnya

Berita Terbaru

Siaran Pers World Water Forum 2024: Tahura Ngurah Rai dan World Water Forum ke-10

Badung, 19 Mei 2024 – Bali sudah terkenal sebagai daerah tujuan wisata kelas dunia. Pulau berpenduduk 4,32 juta jiwa itu menjadi tujuan utama pelesir masyarakat dari berbagai negara. Keindahan alam berpadu apik dengan kekayaan budaya berlatar Hindu mampu memberi kenangan mendalam bagi turis.

Grup Band Ungu Meriahkan Pembukaan FBIM 2024

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ribuan penonton dengan antusias memadati GOR Indoor Serbaguna di Jalan Tjilik Riwut Km 5 Palangka Raya untuk menyaksikan pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara yang digelar pada, Sabtu (18/5/2024) malam. Masyarakat menunjukkan antusiasme tinggi tidak hanya untuk menikmati berbagai tari-tarian tradisional...

Ribuan Penonton Antusias Saksikan Pembukaan FBIM 2024

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ribuan penonton memadati GOR Indoor Serbaguna di Jalan Tjilik Riwut Km 5, Palangka Raya untuk menyaksikan pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara, yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Acara ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan...

TERPOPULER MINGGU INI

Hadiri Forum Konsultasi Publik Data Kependudukan, Bupati Nelson : Ini Sangat Penting

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menghadiri Forum Konsultasi Publik Review Standar Pelayanan Administrasi Kependudukan. Kegiatan yang berlangsung di RM Orasawa Limboto ini di integrasikan

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata