Jakarta - Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU) Tahun 2022, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggelar serangkaian kegiatan. Salah satu kegiatannya adalah Pertandingan Karate dengan total peserta sebanyak 87 karateka yang bersaing menjadi terbaik di Aula Prona Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, pada Kamis (03/11/2022).

Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto yang juga selaku Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) hadir langsung membuka pertandingan tersebut. "Pertandingan karate ini bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga karate khususnya di lingkungan Kementerian ATR/BPN, serta menggali dan membina potensi-potensi atlet karate yang berasal dari lingkungan satuan kerja maupun keluarga besar Kementerian ATR/BPN,” ungkapnya dalam sambutan pembuka lomba.

Hadi Tjahjanto meminta kepada seluruh peserta untuk bertanding dengan jujur dan sportif. “Kepada semua peserta keluarkan semua potensi terbaik yang sudah disiapkan selama latihan di dojo provinsi masing-masing dengan tetap menjaga persaudaraan yang membuat suasana pertandingan kompetitif namun kondusif,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hadi Tjahjanto juga berpesan, menang kalah adalah hal yang biasa dalam sebuah pertandingan. “Menang atau kalah itu hal biasa, namun sportivitas dan solidaritas adalah hal yang harus kita utamakan. Mengingat ajang ini adalah dalam rangka menjalin silaturahmi antar sesama keluarga besar Kementerian ATR/BPN,” pesannya.

"Mengakhiri sambutan, saya ucapkan selamat bertanding kepada semua peserta. Junjung tinggi sportivitas dan pesan saya kepada semua jajaran wasit/juri karate yang bertugas memimpin pertandingan agar bersikap jujur dan seadil-adilnya dalam mengambil keputusan. Semoga mendapatkan hasil terbaik dan setelah kegiatan ini semakin giat berlatih dan mengembangkan olahraga karate khususnya di satuan kerja masing-masing." tutur Menteri ATR/Kepala BPN.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan Kementerian ATR/BPN yang juga selaku Ketua Pembina Karate Kementerian ATR/BPN R.B. Agus Widjayanto mengemukakan bahwa pertandingan karate ini merupakan edisi kedua. "Sebelumnya, sudah digelar kejuaraan serupa, namun hanya diikuti karateka di tingkat pusat atau Kementerian ATR/BPN. Ternyata berkembang juga di beberapa Kanwil (Kantor Wilayah, red) dan Kantah (Kantor Pertanahan, red). Ke depan, di wilayah lain yang sudah ada karateka tetapi belum ada naungan dojo, mungkin kita targetkan membentuk dojo dulu," jelas R.B. Agus Widjayanto.

Ketua Panitia Pertandingan Karate HANTARU 2022, Harison Mocodompis yang juga Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan menambahkan, kejuaraan ini memperlombakan 16 nomor kategori kumite (tarung) dan kata (peragaan jurus), baik perorangan maupun beregu. "Kelompok usia yang dipertandingkan ada dua, usia 30 tahun dan di atas 30 tahun. Untuk distribusi medali sifatnya akan bergilir Piala HANTARU," ungkap Harison Mocodompis.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Umum FORKI DKI Jakarta, Taufik Suroso Wibowo serta Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian ATR/BPN. (RE/MB)

#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

Twitter: twitter.com/atr_bpn    
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

Masa Jabatan Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan Diperpanjang

PALANGKA RAYA – Masa jabatan Penjabat (Pj) Bupati Barito Timur, Indra Gunawan,...

Balai Kemenperin Dukung Industri Selulosa Terapkan Konsep Berkelanjutan

Industri pulp dan kertas yang merupakan bagian dari industri selulosa digolongkan ke dalam sektor hulu agro. Sektor ini termasuk mendapatkan prioritas pengembangan sesuai Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035. Industri selulosa di Indonesia memiliki kontribusi signifikan terhadap PDB nasional, pasalnya Indonesia merupakan salah satu produsen pulp, kertas dan viscose staple ...

Event WWD, Warga Balikpapan Diajak Jalan Kaki Bersama

BALIKPAPAN - Event World Walking Day (WWD) atau Hari Peringatan Jalan Kaki Sedunia 2024 akan digelar di Balikpapan 6 Oktober 2024. Saat ini persiapan sudah masuk tahap finalisasi. Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kota Balikpapan kembali m.....

Muba Raih Peringkat 1 Percepatan Penurunan Stunting di Sumsel

PALEMBANG- Percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Musi Banyuasin patut diacungi jempol. Sejak tiga tahun belakangan penurunan stunting di ...

TERPOPULER MINGGU INI

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata

Jadi Narsum Webinar Nasional, Bupati Nelson Paparkan Mengembalikan Kejayaan Kelapa Nusantara

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjadi narasumber pada acara Webiner Nasional dengan Tema “Ayo Bangkit, Kelapa Pohon Kehidupan Menjadi Industri Strategis Nasional. Webiner Nasional