Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mewakili Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah melakukan pertemuan dengan Representative of Supervising Organization JOE Cooperative, Kitazawa Tomoko. JOE Cooperative merupakan agency yang menaungi perusahaan-perusahaan penerima peserta pemagangan di Jepang.

Pertemuan yang dilakukan di Jepang pada Sabtu (27/11/2022) ini guna mendapatkan informasi yang lebih komprehensif mengenai gambaran peningkatan dan pengembangan kerja sama dalam hal penerimaan peserta pemagangan di bawah naungan JOE Cooperative.
Sekjen Anwar mengatakan, Kemnaker telah bekerja sama dengan JOE Cooperative, dan Asosiasi Penyelenggara Pemagangan Luar Negeri (AP2LN) untuk mengirimkan para alumni BLK ke Jepang sebagai pemagang teknis pada jenis kerja yang sama/serupa dengan keahlian teknis yang mereka pelajari di Indonesia.
Menurutnya, prinsip dasar dari kerja sama ini sama dengan prinsip pemagangan pada umumnya, yaitu mengentaskan pengangguran di Indonesia, dan memberikan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia melalui kontribusi sumber daya manusia yang telah terlatih sebagai pemagang teknis di Jepang.
Ia juga menyatakan bahwa Kemnaker, JOE Cooperative, dan AP2LN berkomitmen untuk menjadikan program ini sebagai program minim biaya yang dibebankan kepada para kandidat. 

"Di mana Kemnaker memberikan bantuan pembiayaan melalui pelatihan di BLK, sedangkan JOE memberikan subsidi pendidikan yang substansial kepada LPK/SO untuk memberikan pelatihan lanjutan sebelum diberangkatkan ke Jepang," ucapnya.
Dikemukakan, untuk tahun 2022, peserta yang akan diberangkatkan ke Jepang melalui program ini adalah 160 siswa. Berdasarkan performa tahun 2022, pihak-pihak terkait sepakat untuk meningkatkan pengiriman ke Jepang melalui skema yang sama di tahun-tahun berikutnya.
Ia berharap, kerja sama dengan JOE Cooperative ini akan semakin besar dan berkembang di balai-balai pelatihan vokasi lainnya. "Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada JOE Cooperative atas kerja samanya, dan semoga di masa yang akan datang terus berlanjut dengan adanya peningkatan dan pemgembangan kerjsama yang saling menguntungkan," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekjen Anwar sempat menemui calon peserta magang dan fasilitas yang ada di training center JOE Cooperative.

Ia berpesan kepada para calon peserta magang agar belajar dengan rajin, memahami budaya Jepang dengan baik, dan jika nanti magang agar menjadikan kesempatan tersebut tidak hanya untuk mendapatkan uang, tetapi juga untuk menambah pengetahuan dan pengalaman.

"Anda merupakan bagian penting dari generasi emas Indonesia. Karena saat ini kita mengenal yang namanya bonus demografi. Manfaat kesempatan dengan sebaik-baiknya. Kemnaker ingin melakukan yang terbaik," pesannya.

Biro Humas Kemnaker

Selengkapnya

Berita Terbaru

Kemenpora Sambut Baik Future Leader Fest Sebagai Ajang Pengembangan Pemimpin Muda

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menerima audiensi ID Next Leader di Ruang Rapat Lantai 10, Graha Kemenpora, Jakarta, Selasa (24/9).

Siaran Pers: Pembahasan RUU Kepariwisataan Resmi Carry Over ke Periode Selanjutnya

Jakarta, 24 September 2024 - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Komisi X DPR RI telah menyepakati bahwa pembahasan Revisi Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan untuk dioper (carry over) ke periode selanjutnya.

Unhan RI Raih Tiga Gold Medal

Malaysia – Universitas Pertahanan Republik Indonesia (UNHAN RI) kembali mencatatkan prestasi yang membanggakan di kancah internasional dengan meraih tiga Gold…

Pemkab Sumenep Luncurkan Kalender Kegiatan 2025

Media Center, Selasa ( 24/09 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep meluncurkan Kalender Kegiatan 2025 bertema ‘Ngopeni Songennep’ selama satu tahun dengan berbagai event baik seni, budaya...

TERPOPULER MINGGU INI

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata

Jadi Narsum Webinar Nasional, Bupati Nelson Paparkan Mengembalikan Kejayaan Kelapa Nusantara

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjadi narasumber pada acara Webiner Nasional dengan Tema “Ayo Bangkit, Kelapa Pohon Kehidupan Menjadi Industri Strategis Nasional. Webiner Nasional