Kabupaten Bungo - Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bertahap dilaksanakan pada desa-desa yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Tak jarang, penetapan lokasi PTSL terletak jauh dari ibu kota kabupaten, sehingga menjadi kendala tersendiri dalam kepengurusan sertipikat tanah. Bukan hanya bagi jajaran Kantor Pertanahan (Kantah), hambatan tersebut juga dialami masyarakat, khususnya tim PTSL di masing-masing desa yang menjadi perpanjangan tangan dari Kantah.

Efendi (34), seorang perangkat desa di Desa Aur Gading yang pada kesempatan ini menjadi salah satu penerima sertipikat hasil PTSL di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, menceritakan perjuangannya dalam proses sertipikasi tanah-tanah di desanya. Ia mengungkapkan, hambatan yang dihadapi antara lain terkait jarak untuk mobilisasi. “Jarak kami ke Kantor BPN itu jauh sekali, 75 kilometer harus kami tempuh," ujar Efendi saat ditemui pada kegiatan Sosialisasi Program Strategis Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Hotel Semagi, Kabupaten Bungo, Minggu (27/11/2022).

Menghadapi hambatan tersebut, Efendi mengaku harus memikirkan strategi agar pelaksanaan PTSL di desanya berjalan lebih efektif dan efisien. Strategi yang tepat sangat diperlukan, pasalnya bukan hanya jarak yang menjadi hambatan, namun kesibukan masing-masing warga juga dapat mengulur waktu proses sertipikasi tanah.

“Kami kendalanya banyak di berkas. Kadang ngumpulinnya masyarakat tuh agak susah, umumnya sibuk. Padahal kalau berkas cepat dan lengkap, habis itu proses ngurus di BPNnya itu sangat cepat, gak sampai satu bulan bahkan,” ungkap Efendi.

Dengan adanya dua hambatan utama itu, Efendi mengungkapkan perlu meminimalisir mobilisasi dengan cara mengumpulkan terlebih dahulu data-data yang diperlukan, sehingga dapat diproses ke Kantor Pertanahan secara sekaligus. Untuk itu, sebagai bagian dari masyarakat dan juga pemerintah daerah, Efendi mengimbau kepada masyarakat yang akan mengurus tanahnya melalui program PTSL untuk segera melengkapi berkas yang dibutuhkan dalam proses sertipikasi. Meskipun yang daftar sudah banyak, namun menurutnya kesiapan warga untuk melengkapi data perlu lebih dipercepat. “Ayo cepat melengkapi bahan, biar proses sertipikatnya lebih cepat juga,” imbaunya.

Pada pembagian sertipikat dalam sosialisasi kali ini, terdapat 11 perwakilan masyarakat yang menjadi penerima sertipikat. Sertipikat tersebut diserahkan oleh Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ihsan Yunus dengan didampingi Kepala Bidang Penataan dan Pemberdayaan Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jambi, Agung Arbianto; Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil BPN Provinsi Jambi, Aman Tandean Gidion; Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bungo, Nur Adi Kusno; serta Kepala Subbagian Pemberitaan dan Publikasi, Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Arie Satya Dwipraja. (FT/RS)

#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

Twitter: twitter.com/atr_bpn    
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

Hadir Pada Halal Bi Halal IDAI, Asisten Pemkes : Pertemuan ini Sebagai Sarana Bertukar Informasi

TANA PASER - Ikatan Dokter Anak Indonesia ( IDAI) Cabang Kaltim menyelenggarakan kegiatan makan malam dan halal bihalal di Kabupaten Paser, kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Kyrad Sadurengas, Sabtu(18/05/2024).Acara ini dihadiri oleh Asisten Pemer ....

Pastikan Progress 90?, Pj. Bupati Banyuasin Monitor Peningkatan Ruas Jalan Seterio-Sedang

Suak Tapeh – Penjabat Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH terus memonitor peningkatan pembangunan ruas jalan Seterio – Sedang Kecamatan...

Siaran Pers World Water Forum 2024: Indonesia Jamin Keamanan World Water Forum ke-10 dari Ancaman Nuklir

Jakarta, 18 Mei 2024 – Pemerintah Republik Indonesia mempunyai komitmen yang tinggi dalam hal keamanan gelaran World Water Forum ke-10 yang digelar pada 18--25 Mei 2024 di Bali. Badan Pengawas Tenaga Nuklir Republik Indonesia (BAPETEN RI) menjamin kelancaran dan keamanan penyelenggaraan dari ancaman radioaktif dan nuklir.

TERPOPULER MINGGU INI

Hadiri Forum Konsultasi Publik Data Kependudukan, Bupati Nelson : Ini Sangat Penting

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menghadiri Forum Konsultasi Publik Review Standar Pelayanan Administrasi Kependudukan. Kegiatan yang berlangsung di RM Orasawa Limboto ini di integrasikan

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata