Ponorogo - Gencarnya program sertipikasi tanah yang dilakukan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di penjuru Indonesia bukan tanpa alasan. Program ini dipercaya bisa menjadi program dengan efek berantai yang positif untuk meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat.

Keyakinan itu diungkapkan Mubin (46) salah satu warga Desa Wates, Kabupaten Ponorogo. Ia baru saja menerima sertipikat rumahnya yang diserahkan secara langsung pada acara Sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN yang dilaksanakan di Maesa Hotel, Ponorogo, pada Kamis (01/12/2022). 

Menurutnya, sertipikat tanah dapat membuat ia yang bekerja sebagai wiraswasta dan masyarakat lainnya lebih mudah dan lebih percaya untuk memperbanyak modal usaha. "Saya berpesan untuk pemerintah, biar semua masyarakat yang ada di kota, di desa, biar cepat mendapat modal, biar usaha mereka bisa berkembang, dipermudahlah untuk mendapatkan sertipikat tanah," ungkap Mubin.

Ia juga mengatakan, proses pendaftaran sertipikat sangat cepat dan mudah. "Prosesnya tidak lama dan biaya sangat terbantu dibandingkan jika kita mengurus sendiri. Saya senang dengan adanya sertipikat yang sudah saya pegang, ini bisa saya pakai untuk modal usaha saya. Terima kasih atas program dari pemerintah ini," ujar Mubin.

Senada dengan Mubin, warga Kabupaten Ponorogo lainnya, Arif Santoso (43) turut mengungkapkan rasa gembiranya. “Sertipikat jadi dengan biaya yang sangat murah, persyaratan mudah, dan tidak sulit, tidak berbelit-belit. Prosesnya juga cukup cepat di Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo,” tuturnya.

Lebih lanjut, Arif Santoso menyatakan apresiasinya terhadap kinerja Kementerian ATR/BPN yang telah menginisiasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Terlebih dalam hal ini, peran Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo pada proses penyertipikatan tanahnya yang mudah dan cepat tanpa kendala yang berarti. “Saya dan masyarakat lainnya berterima kasih dan apresiasi untuk program PTSL ini. Apalagi BPN Kabupaten Ponorogo yang sangat membantu dan cepat prosesnya,” imbuhnya.

Adapun penyerahan sertipikat dilaksanakan sebelum acara diskusi dalam kegiatan sosialisasi dimulai. Sertipikat tanah diserahkan secara langsung oleh Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPR RI), Supriyanto dengan didampingi oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Jember, Arinaldi serta Kepala Bidang Pengadaan Tanah dan Pengembangan, Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur, Ganang Anindito. (RE/RA)

#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

Twitter: twitter.com/atr_bpn    
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

Even Terak Bulan Digelar Meriah di Kecamatan Kokop, Gelaran Seni dan Produk UMKM Dipamerkan

GELARAN Even Terak Bulan yang diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan melalui Din...

Satgas Linmas dan SatLinmas Perpanjangan Tangan Pemerintah Pada Pengamanan Pilkada 2024

TANA PASER - Bupati Paser dr. Fahmi Fadli bertindak sebagai Pembina Apel Serah Terima Anggota Satgas Linmas Dan Satlinmas se Kabupaten Paser Di Bawah Kendali Operasional (BKO) Polres Paser Dalam Rangka Pengamanan Pemilihan Daerah Serentak Tahun 2024. ....

Jakpus Sebet Enam Selempang di Final Abnon Tingkat Provinsi

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta menyelenggaraka...

Pemilihan Duta GenRe Jadi Puncak ADUJAK 2024 

BALI,PPID – Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas (ADUJAK) Generasi Berencana (GenRe) Tingkat Nasional Tahun 2024 yang dilaksanakan 17-21 September di Bali, mencapai puncaknya pada Malam Final Pemilihan Duta GenRe yang digelar Jumat (20/9/24) di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Kabupaten Badung.

6.800 Warga Purbalingga Terima Bansos Rp4,3 Miliar

PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga menyalurkan dana bantuan sosial (bansos) kepada 6.800 orang warga Kabupaten Purbalingga. Bantuan juga diberikan kepada 68 Lembaga Kesejahteraan Sosial

TERPOPULER MINGGU INI

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata

Jadi Narsum Webinar Nasional, Bupati Nelson Paparkan Mengembalikan Kejayaan Kelapa Nusantara

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjadi narasumber pada acara Webiner Nasional dengan Tema “Ayo Bangkit, Kelapa Pohon Kehidupan Menjadi Industri Strategis Nasional. Webiner Nasional