Ponorogo - Kekompakan antar pemangku kepentingan merupakan kunci sukses dari setiap pelaksanaan kegiatan pemerintahan. Seperti yang dilakukan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bersama Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) sebagai mitra kerja dalam melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN di Hotel Maesa, Kabupaten Ponorogo, Kamis (01/12/2022).

Seperti diketahui, Kementerian ATR/BPN saat ini sedang melaksanakan sejumlah Program Strategis Nasional (PSN), salah satunya Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). 
Untuk menjaga kelancaran jalannya PTSL dan mendorong partisipasi aktif masyarakat, perlu adanya penyebarluasan informasi dari pelaksanaan PTSL itu sendiri.

Supriyanto selaku Anggota Komisi II DPR RI yang hadir secara langsung dalam kegiatan sosialisasi mengatakan, DPR RI terus mendorong pelaksanaan PTSL agar dapat berjalan baik dan lancar. "Kegiatan sosialisasi seperti ini sangat penting karena sebagai bentuk percepatan program PTSL untuk mencapai target yang diharapkan," tuturnya.

Supriyanto juga berharap, Program PTSL dapat berjalan sesuai target pembagian setiap tahunnya. "Dalam mencapai target tersebut dipastikan akan ada kendala atau hambatan-hambatan, namun kuncinya adalah kekompakan terus lakukan komunikasi, koordinasi, dan kerja sama yang baik antara pegawai dan masyarakat. Program ini sebaiknya dilakukan bersama-sama untuk mencapai kinerja sesuai target yang diharapkan," tegasnya.

Keterlibatan masyarakat pun sangat diperlukan demi terlaksananya kegiatan PTSL. Maka, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo, Arinaldi meminta masyarakat untuk ikut mendaftarkan tanahnya. “Caranya gampang kok, sekarang hanya perlu mengumpulkan dokumen ke petugas PTSL dan membayar Pajak atau Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Jika masih ada yang keberatan bayar pajak, ada Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri yang meringankan pembayaran pajak di masing-masing daerah,” terangnya.

Ia juga mengungkapkan, Program PTSL membutuhkan anggaran yang besar, target besar, dan tantangan yang tidak mudah. Maka, dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak untuk menyukseskan program PTSL. "Terutama peran dari masyarakat pemilik tanah. BPN menaruh harapan besar kepada masyarakat untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mengurus sertipikat tanah dan juga membantu pemasangan patok pembatas tanah agar proses pengukuran dan registrasi yang dilakukan oleh BPN menjadi lebih mudah," ujar Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo.

Pada sosialisasi ini, turut dilakukan penyerahan sertipikat hasil program PTSL kepada 10 perwakilan masyarakat Kabupaten Ponorogo. Sertipikat diserahkan langsung oleh Anggota Komisi II DPR RI, Supriyanto dengan didampingi oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Jember, Arinaldi serta Kepala Bidang Pengadaan Tanah dan Pengembangan, Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur, Ganang Anindito. 

Sehubungan dengan hal tersebut, Kepala Bidang Pengadaan Tanah dan Pengembangan, Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur, Ganang Anindito mengimbau kepada masyarakat penerima sertipikat untuk untuk menjaga, menyimpan, dan memanfaatkan sertipikat yang diperoleh dengan sebaik-baiknya. "Hal ini kenapa penting karena untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat pemalsuan tanda-tangan dan dokumen lainnya saat ini sangatlah mudah," imbaunya. (RE/RA)

#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

Twitter: twitter.com/atr_bpn    
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

Menlu RI Serukan Pemulihan Kepercayaan Terhadap Multilateralisme di Pertemuan G20

New York, Amerika Serikat – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menghadiri Pertemuan Para Menteri Luar Negeri G20 yang diselenggarakan di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York pada 25 September 2024 (25/9).

Penjabat Bupati Muaro Jambi Berkunjung dan Memberikan Sejumlah Bantuan Kepada Warga Tidak Mampu

MUARO JAMBI - Rabu siang (25/09/24) Penjabat Bupati Kabupaten Muaro Jambi berkunjung dan memberikan sejumlah bantuan

PEMKAB HSU TERIMA PENGHARGAAN KALIMANTAN SELATAN GOVERMENT PROCUREMENT AWARD 2024 KATEGORI PUSAT KEUNGGULAN PENGADAAN

JAKARTA - Atas upaya peningkatan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Utara (HSU) kembali mendapatkan penghargaan...

Kunjungi BKN, Menteri PANRB Pastikan Layanan Pengawasan Penerapan Sistem Merit Terintegrasi Berjalan Optimal

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas saat mengunjungi Kantor Badan Kepegawaian Negara, Jakarta, Selasa (24/09).   JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memastikan transisi pengawasan penerapan sistem merit ASN tetap berjalan lancar pasca pengalihan tugas dan fungsi Komisi...

TERPOPULER MINGGU INI

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata

Jadi Narsum Webinar Nasional, Bupati Nelson Paparkan Mengembalikan Kejayaan Kelapa Nusantara

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjadi narasumber pada acara Webiner Nasional dengan Tema “Ayo Bangkit, Kelapa Pohon Kehidupan Menjadi Industri Strategis Nasional. Webiner Nasional