HUMAS USU - Indonesia Financial Group (IFG) bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar Seminar dan Kuliah Umum dengan tema “Literasi Dasar dan Pengenalan Industri Asuransi & Dana Pensiun”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Prof. Dr. Suhadji Hadibroto pada Kamis, (1/12/2022).


Sebagai bentuk kepedulian IFG, Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan ini menggelar Seminar dan Kuliah Umum yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada para mahasiswa khususnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 


Dekan FEB USU Dr. Fadli, S.E., M.Si berharap diluar dari seminar yang terselenggara, adapun kerjasama lainnya yang dapat dijalin bersama antara IFG dan FEB USU seperti dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan mengundang praktisi untuk terjun langsung mengajar mahasiswa.


“Selain memberikan pengetahuan bagi mahasiswa, harapannya IFG dan FEB USU dapat melanjutkan kerja sama. Kegiatannya bukan hanya dari seminar, tapi juga lebih fokus ke Merdeka Belajar Kampus Merdeka ya. Nanti kami akan mencoba menginisiasi kegiatan ini apakah dengan diundangnya praktisi mengajar di dalam kampus ataupun kegiatan magang bersertifikat,” tutur Dekan FEB USU.


Senior Research Associate IFG Progress Ibrahim Kholilul Rohman menjelaskan bahwa target IFG Progress adalah mahasiswa melalui literasi keuangan atau asuransi sebagai proteksi karena mahasiswa nantinya ketika memasuki dunia kerja sudah dapat mengimplementasikan pengetahuan dasar tersebut serta berkontribusi secara efektif.


“Hasilnya selalu sama bahwa literasi di sektor keuangan non perbankan itu rendah banget. Akhirnya kita sadar bahwa kalau mau ditingkatkan, kita harus jemput bola dan salah satu yang kita berpikir sangat efektif adalah mahasiswa, karena mahasiswa itu sebentar lagi akan bekerja sehingga mereka diharapkan bisa meningkatkan kapasitasnya dan berkontribusi” jelas Senior Research Associate IFG Progress.


Ibrahim Kholilul Rohman juga berharap berbagai perencanaan jenis kerjasama selanjutnya dengan FEB USU dapat segera terlaksana seperti magang, kajian studi, dan kerjasama riset.


“Kemungkinan internship atau magang misalnya yang tahun terakhir lulus kemudian ke Jakarta bekerja dengan kita atau misalnya bekerja secara remote juga mungkin. Kemudian melakukan kajian kajian studi seperti menulis skripsi, tesis, atau disertasi, paper buat conference dengan memanfaatkan data data lokal di Sumatera Utara maupun data data yang kita miliki di nasional. Banyak kerja sama riset yang nanti kita bisa lakukan bersama,” jelas Senior Research Associate IFG Progress.


Sebagai tambahan informasi, seminar yang terselenggara selaras dengan tujuan IFG Progress yaitu melakukan kajian kajian yang dapat digunakan untuk meningkatkan literasi keuangan terutama di industri keuangan dan perbankan dan selanjutnya informasi tersebut diberitahukan kepada masyarakat, mahasiswa, akademisi, dan instansi lainnya.

Selengkapnya

Berita Terbaru

Desa Sentul Lumajang Siap Hadapi Musim Kemarau dengan Bak Penampungan Air Bersih

Koptu Umar Ibnu Khotob dari Babinsa Sentul Koramil 0821/19 Sumbersuko menegaskan pentingnya penyediaan air bersih sebagai kebutuhan dasar masyarakat. Dalam kegiatan gotong royong yang dilakukan bersama warga di Dusun Wangkit RT 001 RW 002 Desa Sentul Kecamatan Sumbersuko, Senin (23/9/2024), ia berharap pembangunan bak penampungan air dapat segera terealisasi dan memberikan manfaat bagi seluruh warga.

KPU Kota Sukabumi Telah Menetapkan Jumlah Pemilih Untuk Pilkada

Reporter : Riksan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wakil Wali Kota. Adapun berdasarkan DPT yang telah ditetapkan …

TERPOPULER MINGGU INI

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata

Jadi Narsum Webinar Nasional, Bupati Nelson Paparkan Mengembalikan Kejayaan Kelapa Nusantara

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjadi narasumber pada acara Webiner Nasional dengan Tema “Ayo Bangkit, Kelapa Pohon Kehidupan Menjadi Industri Strategis Nasional. Webiner Nasional