Jakarta – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) senantiasa mendorong manajemen risiko sebagai upaya pengelolaan kegiatan serta pelaksanaan rencana strategis yang efektif dan efisien. Implementasi manajemen risiko secara simultan juga diharapkan dapat mendukung jalannya strategic goals Kementerian ATR/BPN. Dengan lancarnya proses kerja tersebut, dapat mewujudkan salah satu misi Kementerian ATR/BPN, yakni mewujudkan pelayanan pertanahan dan penataan ruang yang berstandar dunia. 

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian ATR/BPN, Sunraizal menjelaskan bahwa manajemen risiko mempunyai tujuan untuk melindungi dan menciptakan nilai-nilai capaian organisasi. Ia menyebut, tujuan Kementerian ATR/BPN tertuang pada rencana kerja dan rencana strategis yang sejalan dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). 

“Saya yakin tujuan-tujuan rencana strategis Kementerian ATR/BPN telah terinternalisasi selama tiga tahun ini dan memasuki tahun keempat. Beberapa di antaranya mulai dari mewujudkan keadilan pertanahan, mendaftarkan bidang tanah di seluruh Indonesia, penataan ruang berbasis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), hingga sampai tujuan akhir, yaitu mewujudkan Kementerian ATR/BPN yang berstandar dunia,” ujar Irjen pada kegiatan Peningkatan Risk Awareness dan Governance Risk Compliance (GRC) di lingkungan Kementerian ATR/BPN, bertempat di Hotel Ayana MidPlaza, pada Rabu (21/12/2022).

Sunraizal lanjut menjelaskan, apabila dikaitkan dengan tata kelola pemerintahan, manajemen risiko merupakan salah satu bentuk implementasi dalam penerapan good corporate governance. “Hal ini bertujuan memaksimalkan nilai organisasi, meningkatkan kinerja dan kontribusi organisasi, serta menjaga keberlanjutan organisasi secara jangka panjang,” jelasnya. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Keuangan dan BMN Kementerian ATR/BPN, Agust Yulian berpendapat, pada dasarnya manusia diberi kemampuan untuk mengantisipasi atas hal-hal yang sedang dilakukan. “Kita diberi kemampuan untuk mengantisipasi kira-kira jika terjadi suatu hal pada kegiatan kita, lalu apa yang akan kita lakukan. Inilah kemudian konteks dalam bagaimana kita harus belajar dan memahami manajemen risiko,” ujar Agust Yulian. 

Agust Yulian juga mengungkapkan, dalam setahun, pihaknya telah melakukan sertifikasi terhadap 187 pegawai di Kementerian ATR/BPN terkait manajemen risiko. “Tentunya ini akan kita perbanyak pada tahun depan. Juga kita rencanakan seluruh Kantor Wilayah juga kita adakan assessment. Kita ingin dapatkan bahasa yang sama terkait manajemen risiko ini,” imbuh Kepala Biro Keuangan dan BMN. 

Turut hadir sebagai pembicara, Ketua Komite Teknis Perumusan SNI Manajemen Risiko, Antonius Alijoyo. Ia katakan dalam kegiatan tersebut, saat ini aspek manajemen risiko bukan hanya bagi industri korporasi dan jasa keuangan semata, namun bagi seluruh sektor. “Inilah mengapa sektor publik seperti Kementerian ATR/BPN perlu adanya risk management, karena memang bergerak di sektor yang menyangkut hajat hidup banyak orang,” terangnya. 

Antonius Alijoyo juga menekankan bahwa penting untuk mengerti perbedaan risiko dan masalah. Menurutnya, dengan pemahaman yang tepat antara konteks risiko dan masalah, dapat membantu bagaimana perumusan penyelesaian dan langkah selanjutnya. “Kita perlu (pahami, red) definisinya antara risiko dan masalah. Kalau kita tidak mengerti, kita akan terus terjebak pada masalah-masalah. Jika ini diteruskan, tentu akan berpotensi menimbulkan bencana,” pungkas Antonius Alijoyo. (AR/YZ/YS)

#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

Twitter: twitter.com/atr_bpn    
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

Menlu RI Serukan Pemulihan Kepercayaan Terhadap Multilateralisme di Pertemuan G20

New York, Amerika Serikat – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menghadiri Pertemuan Para Menteri Luar Negeri G20 yang diselenggarakan di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York pada 25 September 2024 (25/9).

Penjabat Bupati Muaro Jambi Berkunjung dan Memberikan Sejumlah Bantuan Kepada Warga Tidak Mampu

MUARO JAMBI - Rabu siang (25/09/24) Penjabat Bupati Kabupaten Muaro Jambi berkunjung dan memberikan sejumlah bantuan

PEMKAB HSU TERIMA PENGHARGAAN KALIMANTAN SELATAN GOVERMENT PROCUREMENT AWARD 2024 KATEGORI PUSAT KEUNGGULAN PENGADAAN

JAKARTA - Atas upaya peningkatan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Utara (HSU) kembali mendapatkan penghargaan...

Kunjungi BKN, Menteri PANRB Pastikan Layanan Pengawasan Penerapan Sistem Merit Terintegrasi Berjalan Optimal

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas saat mengunjungi Kantor Badan Kepegawaian Negara, Jakarta, Selasa (24/09).   JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memastikan transisi pengawasan penerapan sistem merit ASN tetap berjalan lancar pasca pengalihan tugas dan fungsi Komisi...

TERPOPULER MINGGU INI

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata

Jadi Narsum Webinar Nasional, Bupati Nelson Paparkan Mengembalikan Kejayaan Kelapa Nusantara

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjadi narasumber pada acara Webiner Nasional dengan Tema “Ayo Bangkit, Kelapa Pohon Kehidupan Menjadi Industri Strategis Nasional. Webiner Nasional