Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) membangun berbagai inovasi layanan di bidang pertanahan dan tata ruang dengan tujuan mempermudah masyarakat. Terlebih pada era digital saat ini, Kementerian ATR/BPN bertransformasi meluncurkan layanan elektronik, termasuk dalam penyebaran informasi dan pengelolaan pengaduan.
Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati menyampaikan bahwa informasi publik dan pengaduan kini dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat melalui berbagai kanal dan media sosial. “Karena sesungguhnya, pada era digital ini semua orang pasti mempunyai media sosial,” ujarnya saat mengisi Talkshow Peringatan Hari Ibu yang bertajuk “Perempuan Berdaya Indonesia Maju: Perempuan dan Digital Economy” di Sarinah, Thamrin, Jakarta, pada Selasa (27/12/2022).
Menurutnya, media sosial merupakan wadah yang tepat untuk melaksanakan sosialisasi program dan capaian kinerja Kementerian ATR/BPN. “Kita menggunakan media sosial, karena kalau kita meng-upload secara realtime akan diterima oleh pengguna media sosial di seluruh negeri. Saya harapkan kita bijak bermedia sosial untuk tujuan yang positif dan bermanfaat,” tutur Yulia Jaya Nirmawati.
Terkait informasi publik dan pengelolaan pengaduan, ia memaparkan bahwa Kementerian ATR/BPN membuka website ppid.atrbpn.go.id; Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) atau SP4N-LAPOR!; e-mail di surat@atrbpn.go.id; serta Hotline Pelayanan Pengaduan bit.ly//HotlineLayananPengaduan dan nomor Whatsapp di 0811-1068-0000. “Ada kanal pengaduan lainnya dengan #TanyaATRBPN untuk bertanya melalui media sosial. Pakai hashtag agar langsung masuk ke sistem,” papar Yulia Jaya Nirmawati.
Yulia Jaya Nirmawati menyampaikan, dengan adanya kanal-kanal pengaduan dan website informasi publik yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat, diharapkan kunjungan ke Kantor Pertanahan berkurang. Hal ini juga seiring dengan layanan elektronik lainnya terkait pertanahan, mulai dari aplikasi Sentuh Tanahku, Loketku, GISTARU, bhumi.atrbpn.go.id, serta program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN).
“Jadi kita tidak harus ke Kantor BPN, dari rumah saja, dari jalan dan dari mana saja sepanjang ada jaringannya. Hanya dalam satu genggaman kita sudah bisa berakses kepada layanan yang ada di ATR/BPN,” pungkas Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN.
Talkshow ini juga diisi oleh beberapa narasumber, di antaranya Direktur Pengaturan Pendaftaran Tanah dan Ruang, Andi Tenri Abeng; Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I, Reny Windyawati; serta Kepala Bidang Tata Kelola dan Infrastruktur Teknologi, Tanti Wahyuni. Peserta kegiatan berasal dari berbagai satuan kerja di lingkungan Kementerian ATR/BPN dan para pengunjung umum di Sarinah. (YS/PHAL)
#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia
Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional
Twitter: twitter.com/atr_bpn
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn
Situs: atrbpn.go.id
PPID: ppid.atrbpn.go.id