Jakarta – Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Raja Juli Antoni meresmikan layanan CETAR, yaitu Customer Care Tata Ruang (CETAR). Peresmian berlangsung di Gedung Direktorat Jenderal (Ditjen) Tata Ruang, Kementerian ATR/BPN, Jakarta, pada Jumat (03/03/2023). Layanan ini merupakan wujud keterbukaan informasi publik dalam bidang tata ruang dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang diimplementasikan melalui penguatan partisipasi masyarakat.
Raja Juli Antoni menyampaikan, CETAR merupakan sebuah inovasi dalam melayani masyarakat yang bertujuan mewujudkan norma good government sesuai dengan tagline Kementerian ATR/BPN, “Melayani, Profesional, Terpercaya. Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menyatakan komitmen pemerintah untuk mempermudah investasi, Raja Juli Antoni berharap layanan CETAR terus ditingkatkan dan diperbaiki sehingga dapat menyejahterakan masyarakat.
“Alhamdulillah hari ini Ditjen Tata Ruang menginisiasi, melanjutkan kepedulian untuk melayani itu terutama di bidang KKPR (Kegiatan Kesesuaian Pemanfaatan Ruang, red) yang selama ini menjadi concern presiden. Bagaimana kemudian layanan online ini juga menjadi layanan offline melalui CETAR yang membahana ini. Jadi, semoga Customer Care Tata Ruang ini melengkapi senjata kita untuk membuka layanan kepada masyarakat,” ujar Wamen ATR/Waka BPN.
Ke depannya, Raja Juli Antoni meminta seluruh jajaran dapat berinovasi dalam layanan yang berorientasi untuk memudahkan masyarakat. “Jadi, sebuah peraturan perdebatan, diskusi, delebrasi apa pun di kementerian ini, pada ujungnya terukur apakah yang kita lakukan itu melayani rakyat atau tidak, memudahkan rakyat atau tidak, menggampangkan urusan rakyat atau tidak, rakyat puas tidak dengan layanan kita. Kita perlu melayani sehingga rakyat benar-benar puas dengan tata kelola yang kita ciptakan, semua regulasi yang kita ciptakan,” paparnya.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal (Dirjen) Tata Ruang, Gabriel Triwibawa mengungkapkan latar belakang CETAR, yakni untuk menangani kendala yang muncul dalam pelaksanaan penyelenggaraan penataan ruang, salah satunya KKPR. Ia berkata, memudahkan masyarakat dan pelaku usaha dalam mengakses informasi terkait KKPR dan informasi lainnya tentang tata ruang adalah tujuan utama digagasnya CETAR.
“Inisiasi atau ide peresmian CETAR adalah yang pertama adanya komitmen pemerintah sebagaimana disampaikan oleh presiden, kita mempercepat investasi. Yang kedua adalah bahwa salah satu mesin pendulang investasi adalah layanan tata ruang khususnya KKPR, di mana di balik layanan KKPR juga ada percepatan penyiapan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di seluruh Indonesia. Saat ini ada 287 RDTR, 114 RDTR yang terintegrasi dalam sistem OSS (Online Single Submission, red),” terang Gabriel Triwibawa.
Sebagai informasi, konsultasi melalui CETAR dapat dilakukan oleh masyarakat melalui dua mekanisme, yaitu pemohon dengan perjanjian dan pemohon dengan tanpa perjanjian. Untuk mekanisme pemohon dengan perjanjian, langkah awal yang dilakukan oleh pemohon adalah berkonsultasi secara daring terlebih dahulu melalui Hotline Pengaduan Kementerian ATR/BPN di nomor Whatsapp 0811-1068-0000. Jika dibutuhkan tindak lanjut atas permasalahan yang diadukan, maka petugas akan memberikan tiket perjanjian tatap muka kepada pemohon untuk pertemuan tatap muka di layanan CETAR.
Sedangkan, untuk pemohon yang datang langsung ke layanan CETAR tanpa membuat perjanjian melalui Hotline Pengaduan Whatsapp, maka akan diarahkan ke petugas Ruang Konsultasi Likupang untuk dapat berkonsultasi lebih lanjut. Layanan CETAR merupakan layanan yang tidak berbayar sehingga pemohon atau pelaku usaha dapat mengaksesnya tanpa dibebani biaya apa pun.
Turut hadir dalam kesempatan ini, Direktur Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang Kementerian ATR/BPN, Dwi Hariyawan; Jabatan Fungsional Ahli Utama Penata Ruang, Abdul Kamarzuki; serta Juru Bicara Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Tina Talisa. (YS/FA/JR)
#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia
Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional
Twitter: twitter.com/atr_bpn
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn
Situs: atrbpn.go.id
PPID: ppid.atrbpn.go.id