Jakarta – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus berupaya meningkatkan kualitas serta capaian kinerja di bidang pertanahan dan tata ruang. Hal ini merupakan bentuk kontribusi terhadap pembangunan nasional dan peningkatan perekonomian. Percepatan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) dan layanan pertanahan yang saling terintegrasi terus diimplementasikan sebagai upaya memberikan pelayanan publik yang optimal.

Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto mengungkapkan, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo memberikan perhatian terhadap salah satu aspek dalam pendukung kemudahan berusaha, yaitu aspek tata ruang meliputi KKPR. Ia menyebut, Kementerian ATR/BPN melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Tata Ruang perlu terus melakukan realisasi capaian Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

“Dari 514 kabupaten/kota terdapat 2.000 RDTR yang harus diselesaikan. Sebanyak 294 RDTR sudah menjadi Peraturan Daerah (Perda) dan 114 RDTR terintegrasi dengan sistem Online Single Submission (OSS),” ujar Hadi Tjahjanto pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2023, Selasa (07/03/2023) yang bertempat di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Dalam kegiatan ini, Hadi Tjahjanto mengapresiasi indeks Reformasi Birokrasi Kementerian ATR/BPN yang mencapai kategori baik. Ia mengimbau kepada seluruh pegawai Kementerian ATR/BPN untuk terus meningkatkan kinerja sehingga mendapat hasil yang lebih baik lagi. “Mari kita tingkatkan lagi, kita mampu menjadi kementerian yang terbaik di negeri ini,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia berkata, persoalan investasi tak lepas dari aspek pertanahan dan tata ruang. Ia mengatakan, meski saat ini dunia tengah berada di kondisi ekonomi global yang tak menentu, namun pertumbuhan ekonomi Indonesia masih tumbuh sebesar 5,01% pada triwulan IV 2022 dan secara kumulatif pada tahun 2022 tumbuh sebesar 5,31%. 

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia ini menjadi salah satu yang terbaik di negara-negara G20. Target investasi kita di tahun 2022 ini adalah Rp1.200 triliun, Alhamdulillah ternyata kita bisa mencapai realisasi sebesar Rp1.207,2 triliun. Tentunya ini juga tak lepas dari peran serta kementerian ATR/BPN,” sebut Bahlil Lahadalia.

Adanya investasi tak lepas dari aspek dasar perizinan berusaha. Bahlil Lahadalia mengungkapkan, pemerintah terus mendorong sistem perizinan berusaha terintegrasi melalui OSS Berbasis Risiko. Ia menyebut bahwa adanya RDTR yang juga tengah dikejar oleh Kementerian ATR/BPN ini dapat mempercepat penerbitan KKPR untuk proses persyaratan dasar perizinan berusaha. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Azwar Anas. Ia memaparkan terkait Reformasi Birokrasi bagi seluruh kementerian/lembaga (K/L) di Indonesia. Ia mengatakan, berdasarkan arahan Presiden RI, birokrasi hendaknya yang memberikan dampak, bukan hanya berkutat pada hal-hal administratif serta harus lincah dan cepat. 

“Jangan sampai kita sibuk siang dan malam tapi hanya untuk diri sendiri, namun dampaknya ke masyarakat ini kurang. Fokus pada dampak kinerja bukan hanya pada administrasi semata, serta terus mengedepankan tata kelola yang baik. Kiranya apa yang dilakukan Pak Menteri dan Kementerian ATR/BPN ini sudah sesuai dengan arahan presiden,” ujar Azwar Anas. 

Lebih lanjut, Menteri PAN-RB juga membahas soal transformasi digital melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Ia menyampaikan, SPBE menitikberatkan pada akselerasi integrasi proses bisnis, data dan informasi, yang bermuara pada peningkatan kualitas pelayanan publik. “Melalui SPBE, kita tidak mengutamakan aplikasi baru, tapi integrasi layanan-layanan antar instansi. Dari transformasi digital ini, mari rekan-rekan Kementerian ATR/BPN baik di pusat hingga di provinsi, kabupaten dan kota untuk menjadi pelopor dalam Reformasi Birokrasi yang berdampak ini,” pungkasnya. (AR/PHAL)

#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

Twitter: twitter.com/atr_bpn    
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

Hadirkan Penyanyi Ipang, Penutupan PON XXI Aceh-Sumut 2024 Juga Digelar di Banda Aceh

Upacara Penutupan PON XXI Aceh-Sumut 2024 juga turut dilakukan di Banda Aceh, Jumat (20/9) malam. Bertempat di kompleks Stadion Harapan Bangsa (SHB), penutupan ini menghadirkan penampilan penyanyi Ipang Lazuardi sebagai bintang tamu yang mengisi acara.

Penutupan PON XXI Aceh-Sumut 2024 Meriah, Menpora Dito: Semua Guyub di Lapangan dan Menikmati Pertunjukan

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyatakan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara berlangsung meriah di Stadion Utama Sumut, Deli Serdang, Jumat (20/9).

Menpora Dito Pastikan Akan Lakukam Evaluasi Penyelenggaran PON XXI Aceh-Sumut 2024

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyampaikan permintaan maaf atas kekurangan yang terjadi saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Kemenperin Aktif Perluas Pasar IKM Perhiasan, Ekspor Lampaui USD 5 Miliar

Industri perhiasan dalam negeri terus mencatatkan kinerja yang cemerlang, terutama dalam hal kemampuan menembus pasar internasional. Kementerian Perindustrian mencatat, sepanjang tahun 2023, ekspor barang perhiasan dan barang berharga mencapai USD5,6 miliar atau naik 46,88 persen dibandingkan tahun 2022 yang berada di angka USD3,8 miliar.

Hadiri Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Administrator, Pj Tontro Beri Pesan Penting

Penjabat Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto, secara resmi memimpin Upacara Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan VIII Provinsi Jawa Timur Pola Kemitraan Kabupaten Madiun di Aula Diklat Kabupaten Madiun, Jumat (20/09/2024). Penutupan diklat tersebut ditandai dengan pelepasan kalung tanda peserta secara serentak. Diklat Kepemimpinan Angkatan VIII ini diikuti oleh 40 peserta yang semuanya dinyatakan lulus. Tontro ...

TERPOPULER MINGGU INI

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata

Jadi Narsum Webinar Nasional, Bupati Nelson Paparkan Mengembalikan Kejayaan Kelapa Nusantara

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjadi narasumber pada acara Webiner Nasional dengan Tema “Ayo Bangkit, Kelapa Pohon Kehidupan Menjadi Industri Strategis Nasional. Webiner Nasional