Padang - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menyerahkan sertipikat langsung ke rumah-rumah warga di Lubuk Kilangan, Padang, pada Rabu (21/06/2023). Sebanyak 11 sertipikat tanah yang diserahkan, 10 di antaranya merupakan hasil dari program Pendaftaran Sistematis Sistematis Lengkap (PTSL) dan satu sertipikat tanah wakaf.

"Jadi dari Kementerian ATR/BPN menyerahkan sertipikat hasil PTSL dan wakaf. Saya cek secara langsung, PTSL berjalan lancar tanpa dipungut biaya, masyarakat juga bisa mendapatkan (sertipikat red), yang sudah puluhan tahun menunggu kepastian hak atas tanah," kata Hadi Tjahjanto di lokasi.

Saat menyerahkan sertipikat, Menteri ATR/Kepala BPN menyapa dan memastikan kepada para penerima bahwa proses penyertipikatan sudah sesuai dengan yang seharusnya. Dari hasil pengecekan tersebut dapat diketahui di dalam proses penyertipikatan tidak terdapat penyimpangan.

Sementara itu, untuk sertipikat tanah wakaf yang diserahkan kali ini ialah untuk musala tempat masyarakat sekitar beribadah. Menteri ATR/Kepala BPN mengungkapkan, musala tersebut sudah 15 tahun belum memiliki sertipikat. Untuk mempercepat sertipikasi tanah wakaf di Indonesia, Kementerian ATR/BPN terus menggalakkan Gerakan Nasional Sertipikasi Rumah Ibadah dan Pesantren. Oleh sebab itu, Menteri ATR/Kepala BPN mengimbau jajarannya untuk mendaftarkan objek-objek tersebut.

"Kami dari Kementerian ATR/BPN juga akan proaktif mendatangi tempat-tempat yang rumah ibadahnya belum memiliki sertipikat, agar umat beragama bisa tenang beribadah " tutur Menteri ATR/Kepala BPN.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Guspardi Gaus; Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN; serta Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatra Barat, Sri Puspita Dewi. (JM/PHAL)

#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

Twitter: twitter.com/atr_bpn    
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

TERPOPULER MINGGU INI

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata

Jadi Narsum Webinar Nasional, Bupati Nelson Paparkan Mengembalikan Kejayaan Kelapa Nusantara

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjadi narasumber pada acara Webiner Nasional dengan Tema “Ayo Bangkit, Kelapa Pohon Kehidupan Menjadi Industri Strategis Nasional. Webiner Nasional