Semarang--Kementerian Ketenagakerjaan meyakini kegiatan 'Semarang Fashion Trend (SFT) 2023', mampu mendorong kota Semarang sebagai salah satu 'kota mode' dan menjadi acuan trend di Indonesia yang mengutamakan konten lokal. 

SFT hasil kolaborasi Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Semarang dengan Indonesian fashion Chamber (IFC) ini juga diharapkan dapat  mengangkat Wastra dari Jawa Tengah untuk mampu berkompetisi di pasar Internasional. 

"SFT 2023 ini, merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan transformasi pembangunan ketenagakerjaan dengan cara-cara inovatif, kreatif, "  ujar Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi dalam sambutannya saat membuka SFT 2023 di kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (9/8/2023). 

Anwar Sanusi  berpendapat SFT 2023 ini merupakan salah satu upaya pengembangan industri fesyen tanah air. Hingga saat ini, kolaborasi antara industri fesyen dengan BBPVP Semarang sebagai pusat pelatihan SDM bidang industri fesyen, telah melahirkan talenta-talenta muda fesyen yang kreatif dan inovatif. 

"BBPVP Semarang berperan aktif mewujudkan sembilan lompatan Kemnaker yang menjembatani link and match dengan dunia kerja serta mengembangkan ekosistem digital SIAPKerja, "  katanya. 

Ditambahkan Anwar Sanusi, tantangan di tahun 2023 yakni ancaman resesi global berupa PHK massal di sektor padat karya seperti industri yang berorientasi ekspor, salah satu yang terdampak adalah sektor industri fashion. "Karena itu perlu ada solusi dengan cara menciptakan wirausaha mandiri pada lini busana siap pakai (ready to wear) sesuai trend global kepada pelaku industri mode dan UKM di Indonesia dan kota Semarang pada khususnya, " ujarnya. 

 

Biro Humas Kemnaker

Selengkapnya

Berita Terbaru

Hutan Pinus Poncosumo, Pesona Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Lumajang

Lumajang menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi anda yang ingin mencari tempat berlibur di Provinsi Jawa Timur. Tidak hanya populer dengan keindahan bukit-bukit dan air terjun. 

Menpora Dito Harap Kedepan Ada Kolaborasi Program Unggulan Kepemudaan dan Keolahragaan dengan Kabupaten Kendal

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, berharap adanya kolaborasi program-program unggulan dengan Pemerintah Kabupaten Kendal sebagai potensi pencarian bibit atlet nasional dan pembentukan karakter generasi emas yang tangguh.

Bupati Zukri Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Di Desa Air Emas

Pelalawan, Mediacenter- Bupati Pelalawan H. Zukri, SE menghadiri pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk di Desa Air Emas, Kecamatan Ukui. Pagelaran wayang kulit yang mendatangkan dalang

Perbaikan Armada Pengangkut Sampah Bertahap Diperbaiki, Solusi Jangka Panjang Sedang Dirintis

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus menyelesaikan adanya keterlambatan pengangkutan sampah, seperti yang terjadi di TPS Gang Ardio, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor yang kini secara bertahap sudah diangkut oleh petugas kebersihan. Atas keterlambatan yang terjadi, Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari turut menyampaikan permohonan maaf kepada warga. Hal itu disebabkan adanya puluhan armada pengangkutan sampah yang secara bergantian perlu perbaikan da

TERPOPULER MINGGU INI

Hadiri Forum Konsultasi Publik Data Kependudukan, Bupati Nelson : Ini Sangat Penting

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menghadiri Forum Konsultasi Publik Review Standar Pelayanan Administrasi Kependudukan. Kegiatan yang berlangsung di RM Orasawa Limboto ini di integrasikan

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata