Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Biro Hubungan Masyarakat (Humas) terus memonitor serta mengevaluasi jalannya layanan pertanahan dan tata ruang. Mulai dari unsur keterbukaan informasi, respons terhadap masukan dan pengaduan masyarakat, hingga kredibilitas informasi yang disampaikan menjadi fokus yang dinilai perlu untuk terus ditingkatkan kualitasnya. Hal tersebut kemudian menjadi bahan telaah Biro Humas dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pengelolaan Pengaduan Kementerian ATR/BPN, pada Selasa (12/09/2023).

Kepala Bagian Informasi Publik dan Pengelolaan Pengaduan (Kabag IP3), Adhi Maskawan dalam kegiatan tersebut mengingatkan agar Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi dan Kantor Pertanahan (Kantah) selalu memantau dan memberikan informasi terbaru kepada publik. “Bagaimana kita mau menyebarluaskan informasi itu apabila salah satu alat untuk mengomunikasikannya tidak kita kelola dengan baik. Jadi, tolong website (pada Kanwil dan Kantah, red) dikelola dengan baik,” imbaunya di lokasi kegiatan Monev, Swissôtel PIK Avenue Jakarta.

Bukan hanya terbaru, informasi yang dipublikasikan harus kredibel dan bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini juga yang mendorong evaluasi dalam lingkup pemberitaan dilakukan berkala seiring perkembangan zaman oleh Kementerian ATR/BPN. Ditambah lagi, fenomena post truth atau era di mana kebohongan dapat menyamar menjadi kebenaran sedang marak di tengah masyarakat. Untuk itu, Kabag Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga (PHAL), Risdianto Prabowo Samodro menekankan agar dalam memproduksi berita atau siaran pers baiknya dikemas secara menarik. “Dengan itu masyarakat bisa lebih tertarik membaca siaran pers yang dimuat oleh Kementerian ATR/BPN dibanding berita di luar yang belum tentu kebenarannya. Bagaimana cara menulis berita pelayanan publik? Tentunya menulis dari sudut pandang publik,” tuturnya.

Dalam kegiatan Monev ini turut hadir narasumber dari Kementerian PANRB, yaitu Analis Kebijakan Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Rosikin. Di kesempatan ini, ia memaparkan soal Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)–Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang juga telah aktif digunakan Kementerian ATR/BPN. “Layanan yang menampung aspirasi dan pengaduan masyarakat ini perlu dimonitor dan dievaluasi, sehingga penggunaan layanan tersebut dapat berjalan optimal,” ucapnya.

“Harapannya setelah pengaduan selesai ditindaklanjuti, tidak hanya berhenti di situ tapi masih ada tugas lain, yaitu data yang masuk bisa diolah untuk pengelolaan kebijakan yang tujuan akhirnya bisa meningkatkan kualitas layanan di Kementerian ATR/BPN,” lanjut Rosikin.

Di satu pihak, sebagai mitra Kementerian ATR/BPN, perwakilan PT Telkom Indonesia, Arief Laksana melaporkan total pengaduan yang masuk ke Hotline Layanan Pengaduan terhitung sejak 1 Januari hingga 31 Agustus 2024 mencapai 14 ribu.

Adapun bertindak sebagai moderator, Kepala Subbagian Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, Tegar Gallantry yang juga memaparkan terkait evaluasi pengelolaan pengaduan via Hotline Kementerian ATR/BPN; Kepala Subbagian Media Center Kementerian ATR/BPN, Nur Adhani; serta Kepala Subbagian Pemberitaan dan Publikasi, Arie Satya Dwipraja. (MW/FT)

#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

Twitter: twitter.com/atr_bpn    
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

Museum Lumajang Bawa Pesan Pelestarian Budaya di Pameran East Java Spirit of Museum

Museum Daerah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, turut ambil bagian dalam Pameran Temporer Koleksi Museum 2024 bertajuk "East Java Spirit of Museum" yang berlangsung di Museum MPU Tantular, Kabupaten Sidoarjo, mulai 20 hingga 22 November 2024.

Inovasi Tim PKM GFT UNAIR untuk Transformasi Digital UMKM

UNAIR NEWS – Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT) dari Universitas Airlangga yang diketuai oleh Rivaldi Sihite dari Prodi Statistika berhasil mendapatkan

Pakar Universitas Trisaksi Paparkan Tantangan Pembangunan Kota Depok, Keterbukaan Jadi Kunci

berita.depok.go.id - Pakar perencanaan wilayah dan kota Universitas Trisakti, Yayat Supriatna, menekankan pentingnya keterbukaan dan ...

TERPOPULER MINGGU INI

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata

Jadi Narsum Webinar Nasional, Bupati Nelson Paparkan Mengembalikan Kejayaan Kelapa Nusantara

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjadi narasumber pada acara Webiner Nasional dengan Tema “Ayo Bangkit, Kelapa Pohon Kehidupan Menjadi Industri Strategis Nasional. Webiner Nasional