Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Biro Hubungan Masyarakat (Humas) terus memonitor serta mengevaluasi jalannya layanan pertanahan dan tata ruang. Mulai dari unsur keterbukaan informasi, respons terhadap masukan dan pengaduan masyarakat, hingga kredibilitas informasi yang disampaikan menjadi fokus yang dinilai perlu untuk terus ditingkatkan kualitasnya. Hal tersebut kemudian menjadi bahan telaah Biro Humas dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pengelolaan Pengaduan Kementerian ATR/BPN, pada Selasa (12/09/2023).

Kepala Bagian Informasi Publik dan Pengelolaan Pengaduan (Kabag IP3), Adhi Maskawan dalam kegiatan tersebut mengingatkan agar Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi dan Kantor Pertanahan (Kantah) selalu memantau dan memberikan informasi terbaru kepada publik. “Bagaimana kita mau menyebarluaskan informasi itu apabila salah satu alat untuk mengomunikasikannya tidak kita kelola dengan baik. Jadi, tolong website (pada Kanwil dan Kantah, red) dikelola dengan baik,” imbaunya di lokasi kegiatan Monev, Swissôtel PIK Avenue Jakarta.

Bukan hanya terbaru, informasi yang dipublikasikan harus kredibel dan bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini juga yang mendorong evaluasi dalam lingkup pemberitaan dilakukan berkala seiring perkembangan zaman oleh Kementerian ATR/BPN. Ditambah lagi, fenomena post truth atau era di mana kebohongan dapat menyamar menjadi kebenaran sedang marak di tengah masyarakat. Untuk itu, Kabag Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga (PHAL), Risdianto Prabowo Samodro menekankan agar dalam memproduksi berita atau siaran pers baiknya dikemas secara menarik. “Dengan itu masyarakat bisa lebih tertarik membaca siaran pers yang dimuat oleh Kementerian ATR/BPN dibanding berita di luar yang belum tentu kebenarannya. Bagaimana cara menulis berita pelayanan publik? Tentunya menulis dari sudut pandang publik,” tuturnya.

Dalam kegiatan Monev ini turut hadir narasumber dari Kementerian PANRB, yaitu Analis Kebijakan Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Rosikin. Di kesempatan ini, ia memaparkan soal Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)–Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang juga telah aktif digunakan Kementerian ATR/BPN. “Layanan yang menampung aspirasi dan pengaduan masyarakat ini perlu dimonitor dan dievaluasi, sehingga penggunaan layanan tersebut dapat berjalan optimal,” ucapnya.

“Harapannya setelah pengaduan selesai ditindaklanjuti, tidak hanya berhenti di situ tapi masih ada tugas lain, yaitu data yang masuk bisa diolah untuk pengelolaan kebijakan yang tujuan akhirnya bisa meningkatkan kualitas layanan di Kementerian ATR/BPN,” lanjut Rosikin.

Di satu pihak, sebagai mitra Kementerian ATR/BPN, perwakilan PT Telkom Indonesia, Arief Laksana melaporkan total pengaduan yang masuk ke Hotline Layanan Pengaduan terhitung sejak 1 Januari hingga 31 Agustus 2024 mencapai 14 ribu.

Adapun bertindak sebagai moderator, Kepala Subbagian Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, Tegar Gallantry yang juga memaparkan terkait evaluasi pengelolaan pengaduan via Hotline Kementerian ATR/BPN; Kepala Subbagian Media Center Kementerian ATR/BPN, Nur Adhani; serta Kepala Subbagian Pemberitaan dan Publikasi, Arie Satya Dwipraja. (MW/FT)

#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

Twitter: twitter.com/atr_bpn    
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

Warnai Malam Imlek, Novotel Tangerang Hadirkan Atraksi Kungfu dan Barongsai

Tak pernah ada habisnya menghadirkan pengalaman berbeda dan tak terlupakan untuk setiap tamunya. Ya, hal itu kembali dilakukan Novotel Tangerang yang siap menghadirkan atraksi Kungfu dan barongsi di m

Penjelasan KPU Toba Perihal Pencalonan Robinson Sitorus

JAKARTA, HUMAS MKRI - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Toba (Termohon) membantah dalil Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Toba Nomor Urut 1 Pol...

KPU Kabupaten Pohuwato: Tuduhan Penggelembungan Suara dalam Pilbup Tidak Terbukti

JAKARTA, HUMAS MKRI – Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang lanjutan terkait sengketa hasil Pemilihan Bupati da...

Klarifikasi Undur Diri Ricky Jauwerissa untuk Maju Pilkada Kepulauan Tanimbar

JAKARTA, HUMAS MKRI - Penetapan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Tanimbar Tahun 2024 dipastikan Komisi P...

TERPOPULER MINGGU INI

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata

Jadi Narsum Webinar Nasional, Bupati Nelson Paparkan Mengembalikan Kejayaan Kelapa Nusantara

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjadi narasumber pada acara Webiner Nasional dengan Tema “Ayo Bangkit, Kelapa Pohon Kehidupan Menjadi Industri Strategis Nasional. Webiner Nasional