Lebak – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto baru saja menyerahkan 10 Sertipikat Hak Bersama dan 2 sertipikat perorangan yang berasal dari Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) di Desa Gunung Anten, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Jumat (27/10/2023). Dengan diserahkannya sertipikat tersebut sekaligus menjadi tanda telah berakhirnya konflik antara masyarakat pengolah tanah setempat dengan perusahaan bekas pemegang Hak Guna Usaha (HGU).

Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), Dewi Sartika mengatakan bahwa dengan sertipikat, masyarakat tidak perlu risau lagi akan status tanah yang sudah lama mereka olah ini. “Dengan selesainya konflik agraria pada hari ini, dan dengan kehadiran Menteri ATR/Kepala BPN, kemudian juga Bupati Lebak, saya rasa petani di Gunung Anten bisa fokus pada pengembangan ekonomi dan pembangunan desanya,” kata Dewi Kartika dalam sambutannya.

Ia kemudian menjelaskan, lokasi TORA Gunung Anten merupakan lahan produktif yang menjadi mata pencarian warga selama ini. Di desa tersebut, masyarakat memanfaatkan tanah untuk menanam padi huma, pisang, durian, nangka, rambutan, kelapa, dan tanaman keras berupa akasia serta pohon sengon. Dengan program Reforma Agraria, ia berharap Kementerian ATR/BPN bersama pemerintah daerah setempat bisa mendorong secara lebih baik lagi terkait pemanfaatan tanah, sehingga masyarakat akan lebih sejahtera.

Sebagai informasi, lokasi TORA Gunung Anten tak hanya memiliki potensi di bidang agraris. Mengingat letaknya yang berjarak 20 kilometer dari Perkampungan Adat Baduy, lokasi ini juga berpotensi sebagai penunjang kawasan tersebut.

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya lantas menyampaikan komitmennya untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Banten untuk membantu warga memaksimalkan potensi dari tanah yang telah diterimanya. “Kami InsyaaAllah akan terlibat di sini pasca penyertipikatan ini untuk dimanfaatkan menjadi ekonomi baru bagi masyarakat, apalagi jalur di sini memang untuk mendukung Kawasan Pariwisata Saba Budaya Baduy,” tuturnya.

Nuriah, salah seorang warga penerima sertipikat mengutarakan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyertipikatan tanah ini. Mulai dari organisasi Pergerakan Petani Banten (P2B), KPA, Pemerintah Kabupaten Lebak dan Provinsi Banten, hingga Kementerian ATR/BPN. Menurutnya, sertipikat ini bisa menjaga kelangsungan hidup keluarganya karena tanah yang mereka olah memiliki kepastian hukum.

“Sehari-hari saya di sini menanam pisang yang bisa dipanen setiap minggu. Terus untuk jangka panjangnya saya menanam akasia. Dengan tanah ini saya bisa menyekolahkan anak saya sampai lulus dan nanti juga bisa disimpan buat anak cucu. Terima kasih banyak untuk P2B, KPA dan Pak Menteri,” ucap Nuriah. (JM/PHAL)

#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

Twitter: twitter.com/atr_bpn    
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

Siaran Pers World Water Forum 2024: Indonesia Jamin Keamanan World Water Forum ke-10 dari Ancaman Nuklir

Jakarta, 18 Mei 2024 – Pemerintah Republik Indonesia mempunyai komitmen yang tinggi dalam hal keamanan gelaran World Water Forum ke-10 yang digelar pada 18--25 Mei 2024 di Bali. Badan Pengawas Tenaga Nuklir Republik Indonesia (BAPETEN RI) menjamin kelancaran dan keamanan penyelenggaraan dari ancaman radioaktif dan nuklir.

Siaran Pers World Water Forum 2024: Para Pemimpin Negara Tiba di Bali Hadiri World Water Forum ke-10

Badung, 18 Mei 2024 Perdana Menteri (PM) Tajikistan Qohir Rasulzoda tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Sabtu (18/5/2024) sekitar pukul 17.20 WITA untuk menghadiri World Water Forum ke-10 pada 18—25 Mei 2024.

Pj. Bupati Lumajang Tekankan Pentingnya Perencanaan yang Baik dalam Kinerja Pemerintah Daerah

Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) menekankan pentingnya perencanaan yang baik dalam setiap tahapan kinerja pemerintah daerah.

TERPOPULER MINGGU INI

Hadiri Forum Konsultasi Publik Data Kependudukan, Bupati Nelson : Ini Sangat Penting

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menghadiri Forum Konsultasi Publik Review Standar Pelayanan Administrasi Kependudukan. Kegiatan yang berlangsung di RM Orasawa Limboto ini di integrasikan

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata