Jakarta - Konflik pertanahan yang terjadi di lapangan bukan hanya karena keterlibatan dari mafia tanah, namun bisa disebabkan oleh tumpang tindih kependudukan masyarakat di atas tanah aset pemerintah. Seperti halnya yang bisa terjadi terhadap tanah pemerintah daerah, Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan tanah-tanah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Oleh sebab itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto mengajak aparat penegak hukum untuk menyelesaikan permasalahan serupa yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. "Apakah ada (sertipikasi tanah, red) yang belum terlaksana karena terkendala dengan kepemilikan? Jawabannya ada," kata Hadi Tjahjanto saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Pencegahan dan Penyelesaian Tindak Pidana Pertanahan yang digelar di Grand Mercure Kemayoran Hotel, Jakarta, pada Rabu (08/11/2023).

"Dari Kementerian ATR/BPN menawarkan program untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dengan simbiosis mutualisme. Pemerintah tidak kehilangan asetnya, tidak melanggar UU 1/2004 tentang Perbendaharaan Negara, dan masyarakat menerima manfaatnya, yaitu diberikan hak berjangka waktu, yaitu 30 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun, sehingga total 80 tahun," tambah Menteri ATR/Kepala BPN.

Mekanisme tersebut diungkapkan Hadi Tjahjanto dengan melaksanakan perjanjian antara pemilik tanah dengan pihak kedua, yaitu masyarakat. Upaya ini telah sukses dilaksanakan di Kabupaten Blora. Dengan mekanisme tersebut, Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan bahwa terjadi simbiosis mutualisme antara masyarakat dengan pemilik tanah.

"Keuntungannya, sebelumnya tanah itu tanah tidur, setelah diberikan kepada masyarakat keuntungannya pemerintah daerah mendapat PAD dan masyarakat juga bisa mengagunkan (sertipikatnya, red) untuk peningkatan perekonomian. Ini terjadi simbiosis mutualisme, ini adalah program di luar Program Strategis Nasional yang sudah diperintahkan oleh Pak Presiden RI," ujar Hadi Tjahjanto.

Di hadapan Kapolri, Panglima TNI, Jaksa Agung beserta seluruh jajaran yang hadir, Menteri ATR/Kepala BPN meyakinkan bahwa dengan mekanisme yang dilakukan sedemikian rupa tidak merugikan kedua belah pihak. "Tanahnya tidak akan hilang. Ini program yang harus kita pikirkan bersama, mari kita lakukan perbuatan ini untuk masyarakat, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," lanjutnya.

"Saya ingin ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh aparat penegak hukum. Semoga apa yang kita lakukan sore ini bisa kita teruskan, sehingga masyarakat yang saat ini hidup di atas aset pemerintah bisa kita berikan solusi terbaik, sehingga ekonomi masyarakat bisa terangkat, negara juga memberikan manfaat kepada masyarakat," pungkas Hadi Tjahjanto.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono; Jaksa Agung RI, Burhanuddin; Kapolri yang diwakili Kabareskrim Polri, Wahyu Widada; Kepala Staf Angkatan Udara yang diwakili Wakil Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Madya TNI A. Gustaf Brugman; para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Staf Khusus Menteri; para Kepala Kejaksaan Tinggi dan Kepala Kepolisian Daerah seluruh Indonesia; para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Tenaga Ahli Menteri; serta sejumlah Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi di Indonesia. (LS/PHAL)

#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

Twitter: twitter.com/atr_bpn    
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

Menlu RI Serukan Pemulihan Kepercayaan Terhadap Multilateralisme di Pertemuan G20

New York, Amerika Serikat – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menghadiri Pertemuan Para Menteri Luar Negeri G20 yang diselenggarakan di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York pada 25 September 2024 (25/9).

Penjabat Bupati Muaro Jambi Berkunjung dan Memberikan Sejumlah Bantuan Kepada Warga Tidak Mampu

MUARO JAMBI - Rabu siang (25/09/24) Penjabat Bupati Kabupaten Muaro Jambi berkunjung dan memberikan sejumlah bantuan

PEMKAB HSU TERIMA PENGHARGAAN KALIMANTAN SELATAN GOVERMENT PROCUREMENT AWARD 2024 KATEGORI PUSAT KEUNGGULAN PENGADAAN

JAKARTA - Atas upaya peningkatan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Utara (HSU) kembali mendapatkan penghargaan...

Kunjungi BKN, Menteri PANRB Pastikan Layanan Pengawasan Penerapan Sistem Merit Terintegrasi Berjalan Optimal

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas saat mengunjungi Kantor Badan Kepegawaian Negara, Jakarta, Selasa (24/09).   JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memastikan transisi pengawasan penerapan sistem merit ASN tetap berjalan lancar pasca pengalihan tugas dan fungsi Komisi...

TERPOPULER MINGGU INI

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata

Jadi Narsum Webinar Nasional, Bupati Nelson Paparkan Mengembalikan Kejayaan Kelapa Nusantara

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjadi narasumber pada acara Webiner Nasional dengan Tema “Ayo Bangkit, Kelapa Pohon Kehidupan Menjadi Industri Strategis Nasional. Webiner Nasional