Lampung Selatan - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menerima penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan atas keberhasilan Kementerian ATR/BPN menyelesaikan penyertipikatan tanah untuk Hunian Tetap (HUNTAP) korban tsunami Selat Sunda tahun 2018. Penghargaan tersebut diberikan di Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan, pada Selasa (28/11/2023).

Dalam kesempatan ini, Menteri ATR/Kepala BPN mengungkapkan, tuntasnya sertipikasi tanah untuk HUNTAP karena adanya koordinasi dan sinergi yang baik dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah (Pemda), serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat. "Alhamdulillah (sertipikasi tanah, red) HUNTAP semua bisa berjalan baik. Ini berkat kerja sama antar kementerian/lembaga, juga berkat koordinasi dengan aparat penegak hukum, Pemda, BPN, semua bisa berjalan baik," tuturnya.

"Itulah sebabnya saya mengapresiasi Pak Bupati, apabila jajaran Forkopimda-nya rukun, saya yakin permasalahan tanah untuk rakyat semua selesai karena kita bisa menyelesaikan berkat kerja sama, termasuk juga penyelesaian (HUNTAP, red) korban bencana 2018 yang waktu itu terjadi di Lampung Selatan," tambah Hadi Tjahjanto.

Lebih lanjut, Menteri ATR/Kepala BPN mengingatkan kepada Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemkab Lampung Selatan untuk mempercepat penyelesaian Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), di mana salah satu dari RDTR tersebut masih terkait dengan mitigasi bencana. Perencanaan mitigasi dibutuhkan mengingat Lampung Selatan merupakan wilayah yang masuk ke dalam wilayah rawan bencana.

"Setiap daerah paling tidak memiliki tiga unsur dalam tata ruang, pertama mitigasi gempa, kedua daerah wisata, dan ketiga perindustrian. Saya selalu mengingatkan hal yang sama karena yang tahu risiko bencana adalah pemerintah, sehingga kita harus siapkan tata ruang yang baik," ujar Hadi Tjahjanto.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto melaporkan bahwa sertipikat yang akan diserahkan oleh Menteri ATR/Kepala BPN hari ini merupakan tahap kedua, setelah sebelumnya telah diserahkan sebanyak 172 sertipikat. Sebagai bentuk bantuan dari Pemkab  Lampung Selatan, Nanang Ermanto mengungkapkan, telah memberikan kemudahan bagi masyarakat terdampak tsunami berupa keringanan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

"Hari ini dilaksanakan penyerahan sertipikat tahap 2, sejumlah 353 sertipikat untuk beberapa desa. Di sini Pemkab Lampung Selatan telah menerbitkan Keputusan Bupati terkait pemberian keringanan pembiayaan BPHTB untuk masyarakat korban tsunami. Mudah-mudahan masyarakat ada ketenangan jaminan hak atas tanahnya," ujar Bupati Lampung Selatan.

Turut mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN dalam kesempatan ini, Direktur Jenderal Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan, Iljas Tedjo Prijono; Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati; sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian ATR/BPN; dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Lampung, Kalvyn Andar Sembiring beserta jajaran. (LS/PHAL)

#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

Twitter: twitter.com/atr_bpn    
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

Dinkes Tanjungpinang dan Jejaringnya Lanjutkan Layanan KB Gratis

Kota Tanjungpinang - Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes, PP dan KB) bersama jejaringnya masih terus memberikan layanan Keluarga Berencana (KB) gratis.Pelayanan gratis ini dimulai sejak April lalu dalam rangka memperingati Hari Kartini, dilanjutkan dengan Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) pada bulan Mei ini, dan akan berlanjut hingga bulan Juni mendatang melalui momen Gerakan Sejuta Akseptor.Hingg

Pj Bupati Ajak Ormas Islam Turut Tangani Kemiskinan Ekstrem

Penulis :Arindi |Editor :Deddi RustandiGEDUNG NEGARA -Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli mengajak kepa ...

Pimpin Upacara Bulanan, Thamrin Kembali Ingatkan Pentingnya Kedisiplinan

DISKOMINFO LAMSEL, Kalianda –  Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos, M.M., kembali mengingatkan pentingnya

TERPOPULER MINGGU INI

Hadiri Forum Konsultasi Publik Data Kependudukan, Bupati Nelson : Ini Sangat Penting

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menghadiri Forum Konsultasi Publik Review Standar Pelayanan Administrasi Kependudukan. Kegiatan yang berlangsung di RM Orasawa Limboto ini di integrasikan

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata