Lombok Timur - Sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat, tanah negara seluas 217,851 hektare yang sudah ditempati masyarakat selama kurang lebih 38 tahun yang berlokasi di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat dibagikan kepada masyarakat melalui program Redistribusi Tanah. Ketika tanah sudah dinyatakan clean and clear, pada Jumat (26/01/2024), Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menyerahkan 500 sertipikat tanah hasil dari Redistribusi Tanah tersebut kepada 35 perwakilan penerima.

Desa Sajang yang ditetapkan menjadi lokasi kegiatan Redistribusi Tanah merupakan desa yang memiliki potensi pertanian dan perkebunan yang tinggi. Dengan diredistribusikan kepada masyarakat Desa Sajang, diharapkan dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, selaras dengan tujuan Reforma Agraria untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. “Kami semua mengharapkan dengan menerima sertipikat ini masyarakat petani bisa merasakan dan bisa sejahtera hidupnya," kata Hadi Tjahjanto usai menyerahkan sertipikat.

"Kami terus berkomitmen untuk membagikan sertipikat-sertipikat Redistribusi Tanah untuk para petani. Kami juga mengharapkan bahwa petani juga menjaga tanahnya untuk kepentingan ekonomi mereka,” tambah Hadi Tjahjanto.

Tak hanya memiliki potensi pertanian dan perkebunan yang tinggi, Kecamatan Sembalun juga merupakan daerah yang kerap menjadi tempat wisata, sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelaku usaha. Namun demikian, Menteri ATR/Kepala BPN menuturkan kepada masyarakat untuk tidak khawatir tanahnya akan dijadikan bangunan karena sudah diatur melalui penataan ruang yang berkelanjutan.

“Kita sudah atur tata ruangnya di sini untuk pertanian ini benar-benar bisa lestari, sehingga tata ruang harus dijadikan panglima, pembangunan pun tetap harus diatur, yang namanya nilai pertanian jangan sampai jadi gedung semua. Oleh sebab itu, harus patuh dengan tata ruang,” tegas Hadi Tjahjanto.

Dengan diberikannya sertipikat, Hadi Tjahjanto berharap dapat menjamin rasa aman bagi para petani akan tanahnya serta menjadi modal usaha untuk petani bisa mengelola dan memanfaatkan tanahnya sendiri. Dengan demikian, maka menurutnya tidak akan ada kekhawatiran banyaknya lahan yang dijadikan gedung oleh para pelaku usaha. "Saya juga menyampaikan para petani untuk menjaga wilayah ini karena nilai ekonominya sangat tinggi apabila kita tetap menjaga kelestarian wilayah ini," lanjut Menteri ATR/Kepala BPN.

Ditemui di lokasi yang sama, Lalu Kanahan (48), sebagai petani multikultura merasa sangat senang mendapatkan sertipikat dari Redistribusi Tanah. Sebab dengan proses yang tidak lama, ia dapat memiliki sertipikat dan membuat ia merasa nyaman dalam beraktivitas selaku petani. “Alhamdulillah, sekitar bulan Juni tahun 2023 ini kami dapat informasi ada program ini sehingga kami langsung membuatkan persyaratan di pemerintah desa dan alhamdulillah tidak sampai setahun prosesnya jadi dan prosesnya juga tidak terlalu berbelit-belit, sehingga proses administrasi atau pra sertipikat seperti alas hak, patok, dan lain sebagainya kami tidak kesulitan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia juga mengaku akan menjaga baik-baik sertipikat tersebut. Namun ia tidak menampik akan memanfaatkan sertipikatnya jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengembangkan usahanya. "Sertipikatnya insyaallah kami simpan. Mudah-mudahan juga ke depan ketika kami mengembangkan usaha, bisa berhubungan dengan pihak perbankan karena mau tidak mau yang namanya permodalan itu kami butuhkan,” kata Lalu Kanahan.

Dalam kunjungannya kali ini, Menteri ATR/Kepala BPN didampingi oleh para Pejabat Tinggi Madya dan Staf Ahli Kementerian ATR/BPN; para Pejabat Tinggi Pratama Kementerian ATR/BPN; Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi NTB, Lutfi Zakaria beserta jajaran; dan perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat. (MW/PHAL)

#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

X: http://twitter.com/kem_atrbpn
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

Siaran Pers World Water Forum 2024: Tahura Ngurah Rai dan World Water Forum ke-10

Badung, 19 Mei 2024 – Bali sudah terkenal sebagai daerah tujuan wisata kelas dunia. Pulau berpenduduk 4,32 juta jiwa itu menjadi tujuan utama pelesir masyarakat dari berbagai negara. Keindahan alam berpadu apik dengan kekayaan budaya berlatar Hindu mampu memberi kenangan mendalam bagi turis.

Grup Band Ungu Meriahkan Pembukaan FBIM 2024

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ribuan penonton dengan antusias memadati GOR Indoor Serbaguna di Jalan Tjilik Riwut Km 5 Palangka Raya untuk menyaksikan pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara yang digelar pada, Sabtu (18/5/2024) malam. Masyarakat menunjukkan antusiasme tinggi tidak hanya untuk menikmati berbagai tari-tarian tradisional...

Ribuan Penonton Antusias Saksikan Pembukaan FBIM 2024

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ribuan penonton memadati GOR Indoor Serbaguna di Jalan Tjilik Riwut Km 5, Palangka Raya untuk menyaksikan pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara, yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Acara ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan...

TERPOPULER MINGGU INI

Hadiri Forum Konsultasi Publik Data Kependudukan, Bupati Nelson : Ini Sangat Penting

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menghadiri Forum Konsultasi Publik Review Standar Pelayanan Administrasi Kependudukan. Kegiatan yang berlangsung di RM Orasawa Limboto ini di integrasikan

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata