Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Suyus Windayana melantik delapan Pejabat Fungsional. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini berlangsung secara daring dan luring di Aula Prona lantai 7 pada Jumat (03/05/2024). 

Adapun Pejabat Fungsional yang dilantik adalah Pejabat Fungsional Perancang Peraturan Perundang- undangan sebanyak 2 orang; Pejabat Fungsional Analis Kebijakan sebanyak 3 orang; dan Pejabat Fungsional Auditor sebanyak 3 orang.

Suyus Windayana dalam sambutannya menyampaikan kepada kedelapan Pejabat Fungsional yang dilantik untuk lebih meningkatkan kemampuannya. "Saya berharap, Saudara-saudara lebih kompeten, lebih profesional, dan lebih terampil," ucapnya.

Menurut Suyus Windayana, sebagai lembaga pelayanan, Kementerian ATR/BPN harus terus meningkatkan pelayanan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Terutama, Jabatan Fungsional yang sangat membutuhkan keahlian dan keterampilan. "Jadi kita harus menyiapkan juga SDM-nya dari sekarang, untuk mendukung proses-proses layanan bisa dipercepat, bisa buka 24 jam, dan tidak terkendala," jelasnya.

Sekjen Kementerian ATR/BPN juga menyampaikan pesan khusus kepada masing-masing jabatan yang dilantik tersebut. "Saya berpesan, terutama untuk Jabatan Fungsional Perancang Peraturan, agar terus mengembangkan diri dan berperan aktif dalam mengkaji pembentukan peraturan perundang-undangan,” ucapnya.

Kemudian, untuk Jabatan Fungsional Analis Kebijakan, ia berharap agar para pejabat mampu melaksanakan kajian dan melakukan analisis terhadap kebijakan yang ada di lingkungan, sehingga mendorong kebijakan yang semakin dinamis. "Saya berharap Saudara- saudara bisa melihat bagaimana manajemen risiko masuk ke dalam analisis kebijakan. Jadi, saya melihat bagaimana kita perlu memahami permasalahan, terutama masalah hukum," ungkap Suyus Windayana.

Sementara, yang berkaitan dengan Jabatan Fungsional Auditor, ia ingin agar para pejabat lebih memaksimalkan peran Inspektorat dalam Aplikasi Pelayanan dan Informasi Kepegawaian (APIK). "Sudah dibuat oleh Pak Irjen, bagaimana nilai APIK kita semakin baik nilainya, semakin bagus. Dan tahun ke depan, APIK kita semakin baik lagi," kata Suyus Windayana.

"Jadi kita akan melihat bagaimana kebijakan kebijakan ke depan, berdampak kepada masyarakat,” lanjut Sekjen Kementerian ATR/BPN dengan tegas.

Ia mengatakan bahwa sumpah jabatan yang diucapkan merupakan bentuk kesanggupan para pejabat terhadap negara dan terhadap Tuhan yang Maha Esa untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai aparatur pemerintah. "Jadilah sosok yang positif, berintegritas, dan bisa menjadi teladan di lingkungan kerja saat ini," pungkas Suyus Windayana. 

Turut hadir sebagai saksi, Kepala Biro Umum dan Layanan Pengadaan, Awaludin dan Inspektur Wilayah II, Husaini. Turut hadir dalam pelantikan, Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi, Deni Santo; Sekretaris Direktorat Jenderal SPPR, Fitriyani Hasibuan; dan Kepala Biro Keuangan, Agust Yulian beserta jajaran. (GE/FA)

#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

X: http://twitter.com/kem_atrbpn
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

Tutup KBMKB Ke-22, Bupati Berharap Program Bawa Manfaat Bagi Masyarakat

KLATEN — Bupati Klaten, Sri Mulyani menutup Karya Bhakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) ke-22 di lapangan Desa Pasung, Kecamatan Wedi, Rabu (22/4/2024). Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Klaten,…

Pemerintah Percepat Penanganan Bencana Galodo di Sumbar, Upayakan Tidak Terulang dan Tidak Makan Korban

KEMENKO PMK — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendampingi

Pesan Pj Bupati Bangkep saat Pelepasan 43 Calon Jemaah Haji ke Tanah Suci

– Penjabat (Pj) Bupati Ihsan Basir secara resmi melepas Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun 1445 H/2024 M di Masjid Nur Hidayah Pemda, Rabu (22/5/2025).

Di Hadapan Forum Internasional, Menteri AHY Usulkan Pembentukan Badan Air Nasional

Bali - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengusulkan pembentukan Badan Air Nasional. Hal ini ia ungkapkan saat menjadi pembicara dalam Forum Internasional Pemerintahan Lokal dan Regional di rangkaian World Water Forum (WWF) 2024 hari ketiga, Rabu (22/05/2024) di Nusa Dua, Bali. "Dalam upaya menerapkan tiga prinsip, yaitu kesejahteraan, akses berkeadilan, dan keberlanjutan, pemerintah pusat sebaiknya membuat badan dengan kewenangan dan kapasitas untuk mengintegrasikan dan menyinkronkan semua kebijakan, strategi, dan program terkait manajemen air," kata Menteri ATR/Kepala BPN.  Menurut Menteri AHY, Indonesia juga dapat belajar dari pengalaman negara lain yang telah memiliki lembaga serupa. “Kita dapat belajar hal-hal baik yang sudah dikerjakan oleh negara-negara lain yang sudah memiliki lembaga serupa, seperti Kanada mulai tahun 2023, Saudi Arabia, maupun Afrika Selatan pada awal tahun ini,” ungkapnya. "Badan Air Nasional ini ditujukan untuk mengatasi ancaman genting terjadinya krisis air. Badan ini harus tangkas dan adaptif untuk menangani luasnya isu-isu terkait manajemen air, terutama untuk mencegah dan memitigasi terjadinya krisis air. Badan ini harus mampu mengatasi problem utama birokrasi, yaitu ego sektoral dan benturan kepentingan antar pemangku kepentingan," lanjut Menteri AHY. Lebih lanjut, Menteri ATR/Kepala BPN menegaskan, "Pada saat yang sama, dengan kepemimpinan yang efektif, badan ini harus mampu memperkuat upaya koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral untuk mencapai tujuan, Air untuk Kesejahteraan Bersama," pungkasnya. Sehubungan dengan itu, saat ditanya media yang hadir dalam rangkaian WWF 2024 ini, Menteri Dalam Negeri mengapresiasi usulan Menteri ATR/Kepala BPN. Namun, ia tetap mengatakan bahwa pengambilan keputusannya bukan pada level menteri. Adapun Menteri ATR/Kepala BPN diundang dalam forum ini bersama dengan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Beberapa wali kota dari berbagai belahan dunia juga diundang untuk berbagi pengalaman mereka. Menteri AHY kali ini diminta untuk menyampaikan pidato kunci pembuka. #AHYMenteriATR#KementerianATRBPN#MelayaniProfesionalTerpercaya#MajuDanModern#MenujuPelayananKelasDunia#SetiapKitaAdalahHumas#SetiapKitaAdalahAmbassador Biro Hubungan MasyarakatKementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional  X: http://twitter.com/kem_atrbpnInstagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn Situs: atrbpn.go.id PPID: ppid.atrbpn.go.id

PENGUMUMAN SELEKSI SECARA TERBUKA DAN KOMPETITIF PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2024

[embeddoc url="https://portal.sukoharjokab.go.id/wp-content/uploads/2024/05/PENGUMUMAN-SELEKSI-TERBUKA-JPT-KEPALA-KESBANGPOL-TAHUN-2024.pdf"] Pemerintah Kabupaten Sukoharjo memberikan kesempatan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota/Provinsi di wilayah Provinsi Jawa Tengah untuk berkarier dan berkontribusi lebih luas. Melalui pengumuman resmi nomor 06/PANSEL. JPTP-SKH/V/2024, Pemkab Sukoharjo membuka seleksi terbuka dan kompetitif untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) yang saat ini kosong,yaitu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sukoharjo. Kesempatan ini terbuka lebar bagi PNS yang memiliki kompetensi, pengalaman, dan integritas tinggi untuk memimpin dan membawa perubahan positif bagi Kabupaten Sukoharjo. Pelamar...

TERPOPULER MINGGU INI

Hadiri Forum Konsultasi Publik Data Kependudukan, Bupati Nelson : Ini Sangat Penting

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menghadiri Forum Konsultasi Publik Review Standar Pelayanan Administrasi Kependudukan. Kegiatan yang berlangsung di RM Orasawa Limboto ini di integrasikan

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata