Jakarta - Setiap kita adalah Humas, setiap kita adalah ambasador bagi kementerian. Demikian kampanye yang dibangun Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kepada seluruh jajaran sejak diluncurkannya program Eksistensi (Ekosistem Komunikasi dan Humas Internal Seluruh Indonesia) pada 18 April 2024 yang lalu.
Program eksistensi ini, mendorong seluruh jajaran baik di tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota untuk memberlakukan one satker, one media; one day, one post; dan one day, one information. Dampak dari program tersebut membuktikan terjadinya peningkatan yang signifikan terhadap pemberitaan Kementerian ATR/BPN bahkan mencapai 157%.
Menurut data yang diambil dari engine media monitoring Kementerian ATR/BPN, sejak dimulainya Eksistensi pada 18 April 2024 hingga 3 Mei 2024, publikasi mengenai Kementerian ATR/BPN melalui media cetak sebesar 234, media online sebanyak 5.064, sedangkan TV mencapai 54, dengan total pemberitaan berjumlah 5.352.
Jika dibandingkan dengan sebelumnya, setelah berjalan dalam kurun waktu satu bulan dari dijalankannya program eksistensi, terdapat peningkatan publikasi terutama melalui Televisi. Terdapat peningkatan 157% publikasi di TV, dari sebelumnya publikasi melalui TV hanya 21 pemberitaan, saat ini mencapai 54 pemberitaan.
Peningkatan lain juga terlihat di pemberitaan yang meningkat 10.25% dengan total peningkatan pemberitaan mencapai 498 dari sebelumnya 4.854 pemberitaan.
"Dari engine media monitoring yang kami punya terlihat terjadi peningkatan amplifikasi pemberitaan, dari periode sebelumnya 4.854 Pemberitaan menjadi 5.352. Terima kasih kepada seluruh jajaran yang sudah sama-sama menggelorakan pemberitaan dari instansi yang kita cintai ini," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian ATR/BPN, Lampri, Sabtu (04/05/2024).
Kendati terjadi peningkatan, Lampri lantas mendorong seluruh satuan kerja di daerah untuk turut berperan dalam optimalisasi program Eksistensi. "Kami yakin jika semua satker memainkan narasi yang sama yang di-brief oleh Biro Humas, ini akan menjadi kekuatan Kementerian ATR/BPN dalam amplifikasi pemberitaan, saya yakin akan terus meningkat bahkan bisa 3 kali lipat," tuturnya dengan yakin.
Oleh sebab itu, Kepala Biro Humas pun mengimbau agar seluruh satuan kerja melaksanakan optimalisasi eksistensi demi meningkatnya kepercayaan publik terhadap Kementerian ATR/BPN. "Sebaran informasi yang semakin pesat dan masif akan menjadi sebuah kinerja organik untuk kemajuan Kementerian ATR/BPN," lanjut Lampri.
"Kita perlu membangun kepercayaan dan dukungan dari publik, juga membangun komunikasi yang efektif dengan masyarakat, sehingga masyarakat mendapat informasi yang diperlukan untuk mengakses layanan publik, beserta hak dan kewajibannya," tutur Lampri.
Salah satu upaya yang menunjang peningkatan publikasi dan pemberitaan tersebut juga melalui kerja sama dengan media. "Ada peran media di dalam program Eksistensi ini. Maka saya imbau agar satuan kerja di daerah juga bisa menjalin hubungan baik dengan media sebagai stakeholder kita," pungkas Lampri. (LS/JR)
#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia
Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional
X: http://twitter.com/kem_atrbpn
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn
Situs: atrbpn.go.id
PPID: ppid.atrbpn.go.id