Washington DC – Indonesia mendapatkan apresiasi tinggi dari World Bank dan negara-negara di dunia atas capaian Reforma Agraria yang sukses dijalankan selama tujuh tahun belakangan ini. Untuk menceritakan kisah sukses ini, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didapuk sebagai pembicara dalam panel internasional World Bank Land Conference 2024 di Washington DC, Senin (13/05/2024) waktu setempat.

Konferensi ini dihadiri lebih dari 1.000 orang dari sekitar 81 negara dan 21 pejabat setingkat menteri. Acara tersebut dibuka oleh Vice President for Sustainable Development World Bank, Jurgen Foegelle.

Dalam penjelasannya, Menteri AHY menceritakan tentang alasan utama dan kunci sukses di balik keberhasilan program Reforma Agraria. “Kunci sukses Indonesia terletak pada kepemimpinan dan manajemen pemerintahan yang kuat, peran serta masyarakat, dan kolaborasi berbagai pihak, serta pendekatan yang adaptif,” ungkapnya.

Menteri AHY melanjutkan, hal ini tidak lepas dari kepemimpinan Presiden Joko Widodo. “Hadirnya kepemimpinan yang transformatif dan manajemen yang efektif oleh Presiden Joko Widodo menjadi faktor penting dalam mengakselerasi proses pemetaan dan pendaftaran tanah,” kata alumnus Kennedy School of Government, Harvard University tersebut. 

Dengan komitmen tinggi dari pemerintah pusat mendorong lahirnya sejumlah peraturan pendukung, skema pendanaan yang memadai, mengefektifkan koordinasi antar kementerian, dan juga menginspirasi peran pemerintah daerah. “Selain itu, langkah itu dibarengi dengan partisipasi masyarakat dan semangat semua pihak, termasuk anggota parlemen kita, untuk selalu adaptif dengan berbagai peluang dan tantangan,” ujar Menteri AHY.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri ATR/Kepala BPN tampil sebagai pembicara inti bersama panel pembicara lainnya seperti Menteri Pertanian dan Pembangunan Desa Colombia, Jhenifer Mojica Florez; Deputi Menteri Kehakiman; Gerogia Tamar Tkheshelasgvili; serta Menteri Perumahan dan Tata Ruang Sierra Leone, Turad Senesia. Selain membahas tentang strategi Reforma Agraria, konferensi ini juga membahas tentang dampak kebijakan Reforma Agraria terhadap agenda perubahan iklim yang menjadi perhatian dunia internasional.

#AHYMenteriATR
#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia
#SetiapKitaAdalahHumas
#SetiapKitaAdalahAmbassador

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

X: http://twitter.com/kem_atrbpn
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

TERPOPULER MINGGU INI

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata

Jadi Narsum Webinar Nasional, Bupati Nelson Paparkan Mengembalikan Kejayaan Kelapa Nusantara

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjadi narasumber pada acara Webiner Nasional dengan Tema “Ayo Bangkit, Kelapa Pohon Kehidupan Menjadi Industri Strategis Nasional. Webiner Nasional