Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan dua Sertipikat Hak Pengelolaan (HPL) kepada Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero di Kantor Kementerian ATR/BPN pada Kamis (30/05/2024). 

Penyerahan sertipikat ini menjadi tanda penyelesaian sengketa lahan PT KAI dan keberhasilan menyelamatkan aset negara senilai Rp480 miliar.

“Semua ini berkat kerja sama berbagai pihak mulai dari Kanwil BPN Sumatra Utara, Kantor Pertanahan Kota Medan, Pemerintah Kota Medan, serta kebesaran hati PT KAI, sehingga menciptakan win-win solution bagi semua pihak,” jelas Menteri AHY kepada awak media.

Dua Sertipikat HPL yang diserahkan adalah untuk aset yang terletak di Jl. Jawa, Kelurahan Gang Buntu, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan. Masing-masing bidang luasnya sekitar 19.000 m2 dan 12.000 m2.

Menteri AHY menegaskan, langkah ini merupakan bentuk komitmen Kementerian ATR/BPN dalam upaya pengamanan aset negara. Dari penyelesaian sengketa yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi KAI.

Lebih lanjut, Menteri AHY mengatakan bahwa skema penyelesaian ini dapat menjadi tolok ukur penyelesaian kasus-kasus serupa di tempat lainnya. 

“Ini menjadi gambaran betapa signifikannya total nilai aset yang kita selamatkan jika kita terus berupaya menyelesaikan sengketa-sengketa di seluruh penjuru Indonesia. Tentunya Kementerian ATR/BPN akan terus berupaya menghadirkan keadilan dan kesejahteraan bagi semua pihak,” terang Menteri AHY. 

Direktur Utama PT KAI Persero, Didiek Hartantyo menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerja keras berbagai pihak. Apresiasi disampaikan kepada Kementerian ATR/BPN karena PT KAI dapat menerima Sertipikat HPL atas aset yang bermasalah sejak 1982. 

“KAI terus berupaya mengamankan aset negara yang selama ini dikuasai oleh pihak-pihak yang tidak berwenang, dukungan dari Kementerian ATR/BPN ini luar biasa,” ujar Direktur Utama PT KAI Persero.

Didiek Hartantyo terus mengharapkan dukungan dari Kementerian ATR/BPN, utamanya dalam hal sertipikasi aset-aset KAI lainnya. “Kami akan terus berupaya membangun tata kelola dengan nilai-nilai good governance, juga memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga perkeretaapian Indonesia akan terus berkelanjutan,” ujarnya. 

Dalam kegiatan ini, Menteri AHY didampingi oleh Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Raja Juli Antoni, beberapa Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN. (AR/JM/RY/JR)

#AHYMenteriATR
#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia
#SetiapKitaAdalahHumas
#SetiapKitaAdalahAmbassador

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

X: http://twitter.com/kem_atrbpn
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

Pemkab Pelalawan Sosialisasikan Jajak Minat Studi Kelayakan Program Jargas Bumi Rumah Tangga Tahun 2024

Pangkalan Kerinci, Mediacenter – Bupati Pelalawan H. Zukri, SE diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Fakhrizal, M.Si hadiri sosialisasi jajak minat studi kelayakan program jaringan

Bupati Pelalawan Buka Secara Resmi Gebyar Jurnalistik JMSI 2024

Pelalawan, Mediacenter-Bupati Pelalawan H. Zukri, SE buka secara resmi Gebyar Jurnalistik Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Tahun 2024 yang dilaksanakan di Balai Seminai, Pangkalan Kerinci,

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H, Thamrin Dahlan Ajak Jaga Persatuan dan Kesatuan

Kota Tanjungpinang - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah, Pimpinan Cabang (PC) Muslimat dan PC Fatayat Nahdlatul Ulama Kota Tanjungpinang menggelar acara bersama di Graha Nahdlatul Ulama, Jum'at (20/9/2024) sore. Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, pemimpin organisasi, serta anggota Muslimat dan Fatayat se-Kota Tanjungpinang.Ketua Panitia, Sutini, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerjasama dan gotong royong antara pengurus serta ang

Anak Gemuk Sudah Pasti Sehat? Ini Faktanya!

Kriteria tubuh yang gemuk tapi sehat dapat diketahui berdasarkan indeks massa tubuh (IMT). Melalui IMT, kegemukan yang dialami dapat dilihat apakah termasuk kategori sehat atau tidak

Khafilah Kabupaten Merangin Tampil Memukau

· Pada Pembukaan MTQ ke-53 Tingkat Provinsi Jambi di Kerinci   Bangko-Kafilah…

TERPOPULER MINGGU INI

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata

Jadi Narsum Webinar Nasional, Bupati Nelson Paparkan Mengembalikan Kejayaan Kelapa Nusantara

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjadi narasumber pada acara Webiner Nasional dengan Tema “Ayo Bangkit, Kelapa Pohon Kehidupan Menjadi Industri Strategis Nasional. Webiner Nasional