
Purwakarta- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, menghadiriacara pelatihan Pengolahan Buah Manggis dan Strategi Pemasaran DigitalMarketing dalam meningkatkan kreatifitas para UMKM yang di selenggarakan olehGemawira Purwakarta di Gedung Creative Center, Purwakarta, Jawa Barat. Pelatihantersebut sekaligus mengenalkan pentingnya penetrasi para pelaku UMKM dalammengoptimalkan platform digital. Sandiaga menerangkan, saat ini UMKM juga telahdimudahkan dengan platform E Catalog dan E Commerce, sehingga hal tersebuttidak akan mengganggu kegiatan Emak - Emak dirumah. "Disinikita memberikan pelatihan tentang digital marketing, bagaimana menjual di eradigitalisasi melalui pendekatan kemasan maupun juga pola - pola konten kreatifyang diminati oleh pasar. Saat ini dimudahkan dengan konsep produk yang masukkedalam E Catalog, produk ibu - ibu bisa di on board kedalam platform ECommerce jadi jangan khawatir ga harus di cek setiap hari, produknyaaman," kata Sandiaga, Sabtu (22/10/2022).Namun,keterbatasan kemampuan digitalisasi dan pembiayaan menjadi sebuah tantanganbagi pelaku bisnis. Dengan begitu, Sandiaga memberikan solusi dengan menawarkanprogram Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di Purwakarta, dan Sandiaga jugaberharap kegiatan pelatihan terus dilakukan demi terciptanya masyarakat yangsadar akan pentingnya digitalisasi marketing. "Pelatihanini jangan berhenti, harus terus diberikan inovasi dan kemampuan beradaptasiuntuk menghadapi potensi resesi, kedua pasarannya harus dibantu, dan ketigapembiayaan, saya menawarkan program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) ke ibuBupati, nanti akan kita bungkus mulai dari pelatihan pendampingan, perizinan,sampai kepada pembiayaan itu disediakan dalam satu siklus," kata Sandiaga.Dalampelatihan yang dihadirinya, Sandiaga juga menyampaikan pertumbuhan ekonomidiperkirakan akan melambat atau yang disebut dengan resesi global. Namun, iamemotivasi para pelaku UMKM untuk tidak khawatir dan optimis menghadapi kondisiyang akan terjadi. SitiMasitoh, salah satu peserta mengungkapkan dengan adanya pelatihan tersebutdirinya menjadi lebih terbuka dalam dunia marketing digital dan kolaborasiproduk. Dirinya mengaku jika pelatihan tersebut diselenggarakan kembali, makaia akan mengikuti untuk meningkatkan produknya agar lebih dikenal masyarakatluas. "Untukemak - emak seperti saya ini banyak yang gapaham teknologi, tapi dari pelatihanini lama - lama makin memahami, jadi produk saya bisa lebih dikenal. Pelatihanterus diadain jangan sampai stop disini, jadi UMKM Purwakarta bisa semakin majubisa mencapai keluar kota sekaligus keluar negeri," kata Siti. Dengantelah terlaksananya pelatihan Digital Marketing ini diharapkan mampu menjadimodal dalam beradaptasi dan mengembangkan usaha UMKM di Purwakarta.(Diskominfo Purwakarta)
Selengkapnya