Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus mendukung pemerintah daerah (Pemda) dalam mempercepat penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Sebagai pihak yang berwenang mengeluarkan Persetujuan Substansi (Persub), Kementerian ATR/BPN melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang wajib memastikan muatan teknis yang diperlukan dalam Rancangan Peraturan Daerah tentang RTRW maupun Rancangan Peraturan Kepala Daerah tentang RDTR dan kebijakan strategis sudah terakomodir. 

Untuk itu, bersama dengan Pemda dan kementerian/lembaga terkait, Rapat Koordinasi Lintas Sektor pun diselenggarakan. Kali ini, Rapat Koordinasi Lintas Sektor digelar dengan bahasan mengenai rancangan RTRW Kabupaten Bangli, RTRW Kabupaten Jembrana, RDTR Kawasan Perkotaan Negara Kabupaten Jembrana, dan RDTR Perkotaan Tanjung Balai Karimun. Adapun rapat yang dipimpin oleh Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I, Reny Windyawati ini berlangsung di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, pada Selasa (25/10/2022).

Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Pengembangan Kawasan, Dwi Hariyawan yang hadir dalam kesempatan ini memberikan apresiasi kepada kepala daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang hadir secara langsung. Menurutnya, hal ini menunjukkan iktikad serius dalam menyelesaikan penyusunan Rencana Tata Ruang (RTR). 

“Koordinasi lintas sektor adalah acara yang sangat penting, mengingat kegiatan ini mengintegrasikan kegiatan sektor dan kegiatan yang bersifat strategis untuk pembangunan di daerah yang lebih baik,” sebut Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Pengembangan Kawasan.

Adanya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UUCK), menurut Dwi Haryawan juga semakin menguatkan peran tata ruang yang menjadi hulu perizinan. Maka dari itu, ia menginstruksikan Pemda yang belum menyusun RDTR untuk segera menyusun RDTR. Sebab, penerbitan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) akan lebih cepat jika daerah mempunyai RDTR yang terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS). 

”Salah satu persyaratan perizinan berusaha adalah KKPR. Rencana Tata Ruang dijadikan sebagai acuan dalam penerbitan KKPR, sehingga Rencana Tata Ruang harus disusun dengan sebaik-baiknya dan berkualitas,” pungkas Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Pengembangan Kawasan.

Turut hadir beberapa kepala daerah untuk memaparkan rancangan RTRW dan RDTR bagi pembangunan daerahnya, yaitu Bupati Karimun, Aunur Rafiq; Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta; serta Bupati Jembrana, I Nengah Tamba. (FT/LS)

#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 

Twitter: twitter.com/atr_bpn    
Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/ 
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN 
Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN    
TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn 
Situs: atrbpn.go.id 
PPID: ppid.atrbpn.go.id

Selengkapnya

Berita Terbaru

Mentan Amran Ajak Asosiasi Peternak Sapi Sukseskan Program Makan Bergizi Gratis

TANGERANG, (20/9) - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengajak Asosiasi Peternak dan Penggemuk Sapi Indonesia (APPSI) mendukung penuh program makan bergizi gratis yang digagas Presiden terpilih Prabowo Subianto. Salah satunya dengan menyediakan daging dan susu sapi yang berkualitas dan berkelanjutan.

Wamentan Sudaryono : Indonesia Pasti Bisa Wujudkan Swasembada Pangan Seperti Tiongkok

Jakarta, (20/9) - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono menegaskan, bahwa Indonesia bisa mewujudkan swasembada pangan seperti yang dilakukan oleh Tiongkok saat ini dengan jumlah populasi sebesar 1 miliar jiwa. Karena itu, pentingnya kerjasama strategis yang dilakukan antara Indonesia dan Tiongkok dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional.

TERPOPULER MINGGU INI

Wabup Hendra Buka Tournament Sepak Bola Sasando Cup Tahun 2022

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto membuka tournament sepak bola (U 15) SASANDO CUP Tahun 2022 se Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa.

Bupati Nelson Jadi Narasumber Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang SOP-GA

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Tentang Standard Operating Procedure – Good Agricutural Practices (SOP-GAP) Komoditi

Goa Kalilawa Waterfall Dulamayo Utara Jadi Potensi Wisata Daerah

LIMBOTO – Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S Hemeto mengatakan Wisata Goa Kalilawa di Desa Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo mampu jadi potensi wisata

Jadi Narsum Webinar Nasional, Bupati Nelson Paparkan Mengembalikan Kejayaan Kelapa Nusantara

LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjadi narasumber pada acara Webiner Nasional dengan Tema “Ayo Bangkit, Kelapa Pohon Kehidupan Menjadi Industri Strategis Nasional. Webiner Nasional